10 Kebiasaan Buruk Yang Menyehatkan

Satukliknews – Terkadang ada juga loh beberapa kebiasaan buruk yang sulit untuk ditinggalkan, tidak peduli seberapa keras pun usaha kita. Namun ternyata ada juga loh beberapa kebiasaan buruk yang justru dapat meningkatkan semua kesehatan tubuh kita dan memiliki manfaat tersendiri. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang baik untuk kesehatan, berikut daftarnya.DOMINO ONLINE

1. Bersendawa

Jangan pernah loh untuk mencoba menahan sendawa karena akan membuat perut mulas dan memicu nyeri di dada. Sendawa juga dapat melindungi tubuh dari asam lambung. Saat bersendawa, tubuh tidak hanya mengeluarkan angin atau udara yang dihirup tetapi juga karbondioksida dan hidrogen yang berasal dari dalam lambung.

2. Kentut

Meski terkesan tidak sopan, kentut atau buang angin sangat baik bagi kesehatan untuk meredakan nyeri dan masalah kembung di perut. Jangan lupa, tubuh manusia harus mengeluarkan kotoran baik dalam bentuk padat maupun gas, seperti kentut.

3. Bergosip

Anda kesal kan dengan staf atau rekan kerja yang gemar bergosip? Dalam kadar ringan, bergosip diperlukan untuk mereduksi kecemasan, juga untuk menjalin pertemanan. Ketika bergosip, kita merasakan keintiman dengan teman bergosip. Saat itu hormon progesterone alias hormon seks  meningkat, mengurangi rasa cemas dan stres sehingga menimbulkan rasa nyaman.

4. Mengumpat

Melontarkan beberapa sumpah serapah ternyata sangat baik bagi kesehatan. Meski membuat panas telinga yang mendengarnya, mengumpat dapat memberi efek menenangkan, meningkatkan detak jantung serta membantu melawan rasa sakit. Mengucapkan sumpah serapah juga membuat kita lebih lega di tengah situasi yang membuat frustasi dan menimbulkan amarah.

5. Tertawa Keras

Meski sudah terkesan tidak sopan, apalagi jika di tempat-tempat umum, tertawa sekeras-keras dan sekencang-kencangnya dapat membakar lemak sehingga membuat tubuh tetap langsing. Cara ini pun dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghindari berat badan berlebih.

BACA JUGA : Lovers! coba yuk beberapa ide kencan ini

6. Menggigit Kuku

Kebiasaan yang sering dilakukan saat kita masih kecil ini ternyata adalah kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan menggigit kuku jari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia karena mengenali bakteri yang pernah menyerangnya, sehingga tubuh memberikan rasa kebal terhadap bakteri yang sama.

7. Makan Ditempat Tidur

Bukan hanya hal buruk, mereka yang sering melakukan kegiatan ini juga dianggap sebagai orang yang malas. Namun, menyantap makanan di tempat tidur dapat membuat lambung lebih rileks dan melancarkan pencernaan. Pastikan posisi duduk anda tegak lurus agar tidak menekan lambung dan menghambat proses pencernaan makanan yang masuk ke dalam perut.

8. Meludah

Kegiatan untuk membuang air liur ini memang dicap sebagai aktivitas yang terkesan kotor dan menjijikkan. Kendati demikian, meludah dapat membantu kita untuk bernapas lebih mudah. Hal ini biasanya terjadi saat berolahraga dimana kebanyakan orang bernapas lewat mulut sehingga memproduksi air liur berlebih yang harus segera kita buang.

9. Melepas Kemarahan

Melepas kemarahan penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan harapan hidup. Sebuah riset menyebut, menahan marah  dapat mengganggu kesehatan jantung dan emosi. Menahan marah dapat meningkatkan detak jantung, yang dalam jangka waktu lama akan memicu gangguan jantung dan kanker. Meski demikian kemarahan yang terlalu cepat terpicu pun dapat mengganggu kesehatan jantung. Anda disarankan untuk mengelola kemarahan, dan melampiaskannya secara tepat tanpa mengganggu lingkungan

10. Mondar-mandir

Mondar-mandir saat anda sedang bekerja, memang mengganggu lingkungan. Apalagi bila Anda mondar-mandir sambil menjawab telepon. Riset menyebut, gerakan apapun yang Anda buat akan memperkuat otot jantung. Riset lain dari Kanada mendukung riset tersebut dengan menyebut bahwa aktivitas fisik itu tidak perlu direncanakan untuk memperoleh hasil yang baik bagi kesehatan. Sebanyak 43 persen orang yang berusaha jalan-jalan di antara waktu kerjanya hingga total mencapai 30 menit, hasilnya lebih baik daripada 10 persen orang yang berolah raga  terjadwal.JUDI DOMINO

Leave a Comment