10 Makanan Dengan Vitamin C Tertinggi

Satukliknews – Asam askorbat atau yang lebih dikenal lagi dengan vitamin C merupakan vitamin yang penting bagi metabolisme tubuh, diantaranya berfungsi sebagai antioksidan dan berperan dalam pembentukan kolagen yang penting dalam penyusunan tulang .

Jumlah vitamin C yang harus dipenuhi oleh tubuh berbeda-beda sekali untuk setiap rentang usia. Pada orang dewasa, wanita membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C per hari, sementara pria membutuhkan 90 mg vitamin C per hari.DOMINO ONLINE

Vitamin C yang identik dengan buah jeruk. Banyak prod  uk-produk yang mengandung vitamin C dilabeli dengan gambar buah jeruk. Tapi, benarkah jeruk mengandung vitamin C tertinggi dibanding makanan lain? Berikut adalah 10 makanan dengan kandungan vitamin C tertinggi.

BACA JUGA : 6 tanda tanda penyakit lupus

1) Ceri Acerola

Buah ini mungkin sudah terdengar asing di telinga kamu. Ceri acerola berwarna merah dan dapat ditemukan di Amerika Tengah atau Amerika Selatan. Buah ini mengandung vitamin C lebih besar 65 kali dibanding jeruk, tapi sayangnya buah ini hanya bisa ditemukan pada musim tertentu. Selain itu, buah ini juga rendah kalori dan bebas lemak, sehingga baik untuk diet.

 2) Jambu Biji

Jambu yang biji mengandung banyak vitamin C sekitar 183 mg/ 100 gram buah jambu. Jambu biji juga mengandung banyak mineral, seperti kalium, mangan dan asam folat yang baik bagi kesehatan.

 3) Cabai

Cabai ternyata sangat bermanfaat loh bagi kesehatan karena mengandung beragam vitamin mulai dari vitamin A, B, C dan E hingga mineral-mineral, seperti mangan, kalium dan tembaga. Cabai memiliki kandungan vitamin tujuh kali lebih besar dari jeruk, yaitu sekitar 143,7 mg vitamin C / 100 gram cabai merah.

4) Kiwi

Kiwi,ini juga buah yang terkenal di New Zealand dengan harga yang terbilang fantastis ini juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk, yaitu sekitar 137,3 mg vitamin C. Selain itu, Kiwi juga kaya akan kalium dan tembaga.

5) Mangga

Mangga yang banyak mengandung 122,3 mg vitamin C dan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan imunitas tubuh.

6) Pepaya

Pepaya yang terkenal dapat mencerahkan kulit mengandung hingga 88,3 mg vitamin C tiap 100 gramnya. Selain itu, pepaya juga berperan dalam penguatan tulang.

7) Nanas

Nanas juga banyak sekali mengandung 78,9 mg vitamin C, ditambah bromelain yang dapat mempercepat pendinginan setelah berolahraga

8) Kubis

Kubis mengandung sebanyak 74,8 mg vitamin C dan berfungsi untuk mencegah kanker. Selain itu, dengan mengkonsumsi kubis, kamu bisa memenuhi kebutuhan serat dan protein.

9) Strawberri

Kandungan dari vitamin C pada buah strawberri yaitu sebanyak 58,8 mg / 100 gram buah strawberri yang berpotensi untuk mencegah kanker. Selain itu, buah strawberri juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan hati melalui kandungan antioksidan didalamnya dan membantu memutihkan gigi.

10) Jeruk

Jeruk juga banyak sekali mengandung limonoid yang berguna dalam mencegah radikal bebas, serta vitamin A dan C yang dapat menurunkan kolesterol. Tiap 100 mg jeruk, mengandung sekitar 57 mg vitamin C.

Itu dia 10 makanan dengan kandungan vitamin C tertinggi. Ternyata jeruk berada pada posisi terakhir. Untuk menjaga kesehatan, kamu harus memastikan bahwa makanan yang kamu makan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan memenuhi kebutuhan minimum dari nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bagitu juga dengan vitamin C.JUDI DOMINO

Leave a Comment