13 Cara Agar Tetap Sehat Saat Bekerja Didepan Laptop

Satukliknews – Di zaman modern yang sudah sangat canggih  ini lebih banyak orang yang lebih dominan menggunakan Laptop sebagai alat penunjang kerja. Mulai dari Desain Grafis, Penulis, Pegawai kantoran, pedagang online dan lain sebagainya. Rata – rata menghabiskan waktu paling sedikit 8 jam perhari  apalagi para pengawai kantoran saat ini memiliki jam kerja kurang lebih 8 jam perhari di depan layar laptop, tentunya ini akan menimbulkan efek yang cukup terasa. Salah satu akibat yang timbul dari penggunaan laptop terlalu lama adalah mata menjadi lelah dan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mata itu sendiri, tapi yang perlu anda  ketahui bukan hanya pengelihatan saja yang pastinya terganggu tapi beberapa bagian tubuh juga akan merasakan efek akibat terlalu lama beratikitas didepan layar laptop, Nah berikut ini ada beberapa gangguan kesehatan pada bagian tubuh yang diakibatkan terlalu lama duduk di depan laptop.DOMINO ONLINE

Beresiko mengalami gangguan pada mata

Ini yang pasti akan anda rasakan bila terlalu sering menggunakan laptop, karena mata mata langsung berinteraksi dengan layar laptop. Apalagi bila mata anda terlalu fokus dan melihat layar dalam jarak yang dekat dalam jangka  waktu yang lama, ini akan mengakibatkan mata anda minus. Selain minus, mata cepat kering dan lelah adalah bahaya lain yang berpotensi menurunkan kualitas pengelihatan mata anda.

Gangguan tulang belakang

Ketika ada seseorang yang sedang bekerja di depan laptop dalam jangka waktu yang lama, biasanya ia akan memposisikan duduknya sesuai dengan posisi yang dianggapnya nyaman  mungkin agar tidak cepat lelah. Akan tetapi, terkadang orang yang duduk seperti itu tidak memperhatikan apakah posisi duduk tersebut benar atau tidak. Jika dia tidak duduk didalam posisi yang benar dalam ilmu kesehatan, akan ada kemungkinan terkena gangguan tulang belakang. Hal ini disebabkan oleh salahnya posisi duduk seseorang dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan tulang bengkok ke kiri, ke kanan atau membungkuk. Jika hal seperti ini dibiarkan, hal ini dapat membahayakan kesehatan karena resiko syaraf tulang belakang terjepit meningkat.

Kanker usus

Menurut dari penelitian yang dilakukan di Australia, orang yang sering duduk di depan komputer terlalu lama memiliki  resiko terkena kanker usus yang tinggi. Hal seperti ini disebabkan oleh pasifnya tubuh ketika sedang ada di depan komputer sehingga resiko kanker usus pun meningkat.

Serangan jantung

Dampak buruk sekali yang lain dari duduk terlalu lama di depan laptop ialah terkena serangan jantung. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan di London, Inggris, duduk di depan layar komputer dalam waktu yang cukup lama akan meningkatkan resiko serangan jantung hingga sekitar 67%. Hal ini disebabkan karena badan kurang bergerak sehingga aktivitas jantung dapat terganggu yang bisa memicu serangan jantung. Bila anda adalah penderita sakit jantung duduk lama di depan laptop akan memperparah kondisi jantung anda.

Terjadinya penggumpalan darah

Resiko lain yang terjadi pada anda apabila terlalu lama duduk di depan laptop adalah adanya penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini dapat terjadi karena tubuh pasif atau tidak melakukan gerakan yang dapat membantu aliran darah menjadi normal. Jelaslah bahwa penggumpalan darah akan sangat berbahaya bagi tubuh anda, sebab jika dibiarkan, gumpalan darah tersebut dapat menyumbat aliran darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Pecahnya pembuluh darah ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian mendadak.

Sakit Kepala, Mual dan Pusing

Anda yang terlalu lama menggunakan laptop juga terkadang akan merasakan hal yang satu ini, ini juga bisa saja disebabkan oleh cahaya yang tidak mampu kita lihat dengan mata telanjang atau biasa di sebut dengan fluorescent, nah pancaran cahaya inilah yang pada umumnya membuat kepala anda jadi sakit dan pusing, Ini juga sangat sering terjadi bagi orang yang tidak terbiasa dan baru dalam menggunakan laptop.

BACA JUGA : tips paling mudah untuk mengobati rasa sakit hati

Obesitas

Dengan duduk didalam jangka waktu yang lama di depan komputer, anda akan lebih beresiko memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Karena lemak yang ada dalam tubuh tidak akan diubah menjadi energi jika seseorang tidak melakukan gerakan apa pun. Hasilnya adalah terjadi penumpukan lemak di bawah lapisan kulit yang mengakibatkan seseorang mengalami kegemukan.

Jari Terasa Kaku

Salah satu dengan dampak yang begitu negatif terlalu lama sekali menggunakan ini adalah membuat jari-jari menjadi kaku dan mati rasa, walaupun efeknya tidak terlalu buruk namun hal ini harus tetap dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu bagaimana caranya supaya tubuh tetap anda segar bugar meski seharian penuh berada di depan laptop? Begini nih caranya

Perbanyak minum air putih

Terlalu banyak sekali anda duduk akan menyebabkan metabolisme tubuh kurang lancar dan akan mengundang datangnya penyakit. Minum air putih secara teratur dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh, minum air putih juga akan menjaga kinerja ginjal tetap menjadi sehat.

Atur jarak pandang

Jarak pandang minimal yang dianjurkan antara mata anda dengan laptop adalah 50 cm, jangan terlalu dekat dengan layar laptop karena akan menyebabkan kesehatan mata menjadi terganggu. Usahakan sebisa mungkin tetap jaga jarak pandang ini untuk menghindari gangguan kesehatan mata dan menjaga mata minus (rabun jauh).

Lakukan olahraga ringan

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar lakukan olah raga ringan dan stretching dengan teratur. Usahakalah  dalam jangka waktu 60 menit anda menggunakan laptop, sisihkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan olah raga ringan seperti lari ditempat, berjalan mondar-mandir, dan tretching atau peregangan otot untuk menghindari kram pada bahu, leher, dan kedua tangan anda.

Sering mengedipkan mata

Untuk mencegah mata lelah dan kering maka sering-seringlah mengedipkan mata anda saat berada di depan laptop. Karena paparan dengan semua radiasi dari teknologi yang digunakan oleh layar laptop akan menyebabkan mata cepat lelah dan perih. Mengedipkan mata secara berulang-ulang dapat menjaga kelembaban dan kesehatan mata

Gunakan mouse eksternal

Usahakan untuk tidak  menggunakan dengan touchpad laptop jika anda akan bekerja di depan laptop dalam jangka waktu yang lama. Gunakanlah mouse eksternal agar tangan dan jari anda bebas bergerak untuk mencegah terjadinya kram pada tangan anda. Usahakan juga mouse dengan eksternal yang anda gunakan itu tidak kecil, ukuran mouse dengan ukuran lebar telapak tangan anda demi kenyamanan saat bekerja.JUDI DOMINO

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment