2 Cara Agar Tetap Waras Disosial Media

Satukliknews – Di zaman sekarang ini, sulit sekali loh rasanya kalau tidak ikut bermain sosial media. Bermain sosial media adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Sebab di sana segala arus informasi mengalir dan segala hubungan dengan manusia-manusia lain yang juga ikut meramaikannya. Entah itu sekadar menjalin komunikasi dengan kawan lama atau sekadar mencari kenalan baru. Semua bisa dilakukan, hanya saja di media-media seperi facebook dan twitter–yang cukup lumayan besar itu–tidak sedikit pengaruh buruk yang ikut berimbas dalam kehidupan sehari-hari, jika tidak dibilang juga ikut mempengaruhi pola pikir kita.DOMINO ONLINE

Salah satu budaya yang sangat cukup memprihatinkan ketika berselancar di facebook dan twitter adalah semaraknya budaya membully atau merisak orang lain, budaya menertawakan orang lain ini adalah sebuah dystopia yang cukup mengerikan untuk generasi penerus. Dan oleh sebab itu, kita sebagai pengguna yang aktif di sosial media harus dengan sadar dan bijaksana menyikapi budaya yang buruk ini. Apa saja yang harus kita lakukan untuk menghindari memamahbiakkan budaya bully yang kian subur dilakukan sebagian netizen internet ini?

Menyaring informasi dan mencari kebenaran fakta

Di laman facebook yang sangat sering beredar link dan tautan yang sangat provokatif dan menghasut. Seperti ajakan menertawakan dan mempersekusi pihak yang berbeda agama/pendapat/organisasi dengan mereka. Ini adalah sesuatu yang riskan sebab ketika kita tidak bisa menjalin hubungan dan saling toleransi, sulit untuk menjaga keutuhan suatu daerah atau negara. Indonesia adalah negara multikultural, berarti perbedaan adalah hal yang lumrah yang harus kita terima dengan lapang dada. Jadi, saling menghargai adalah sebuah hal tak bisa kita pandang sebelah mata.

Menahan diri untuk ikut arus dan tidak latah

Jika facebook ini sarangnya berita-berita bohong nan provokatif, twitter adalah sarang tukang pembully. Budaya bully ini biasanya dilakukan oleh para selebtwit yang punya kedangkalan berpikir. Mereka menganggap dengan menghina orang lain adalah sesuatu yang keren yang bisa menghibur hidup mereka, yang saya yakin tidak semua nispi nampak bahagia.

BACA JUGA : kisah cinta pertamaku

Percaya, mereka pasti menertawakan dan suka membully adalah untuk menyembunyikan hidup mereka yang sebenarnya juga menyedihkan. Jadi tidak perlu ikutan-ikutan apa yang dilakukan oleh selebtwit yang suka membully orang itu. Memang tidak semua selebtwit membawa pengaruh buruk, ada juga memberikan kontribusi positif dan penuh inspirasi. Dan kesimpulannya adalah kita harus bisa menahan diri, berpikir secara jernih sebelum ikut arus dan latah terhadap tren yang sedang happening. Janganlah menjadi seperti ranting yang hanyut di sungai yang deras.JUDI DOMINO

Leave a Comment