4 Buah Hutan Khas Kalimantan Yang Memiliki Rasa Unik

Satukliknews – Kalimantan Tengah ini adalah merupakan daerah bagian paling tengah dari Pulau Kalimantan yang sampai dengan sekarang masih banyak terdapat hutan-hutan lindung yang tentunya di dalamya banyak terdapat flora dan fauna dari berbagai jenis. Nah, kali ini saya akan sedikit sharing mengenai buah hutan khas Kalimantan Tengah yang mungkin kalian bisa cari ketika ke pulau Kalimantan Tengah ini, berikut ulasan singkatnya:DOMINO ONLINE

1. Buah Kenyem

Buah kenyem atau kadang yang sudah disebut buah Balangka Sua oleh masyarakat setempat ini termasuk salah satu diantara flora yang terdapat di hutan Kalimantan Tengah dan agak sedikit atau jarang kita bisa temukan di pasar. Ini pun saya dapat kita ketika perjalanan ke desa Takaras / Urun Bunut menempuh jarak sekitar 4 jam perjalanan darat menggunakan mobil travell. Karena penasaran dengan buahnya, begitu di cicip, hmmm…. Rasanya sepet (kalat dalam bahasa banjar) dan agak manis segar, menurut saya unik rasanya di tambah lagi ini adalah salah satu buah hutan yang langka. Nah, apakah kalian ingin mencicipinya..?? Jangan sungkan untuk mampir ke Kalimantan Tengah.

2. Buah Embak Atau Kapul Putih

Buah-buah hutan yang lainnya yang berasal dari Kalimantan Tengah adalah embak atau biasa disebut kapul putih.  Buah embak atau kapul putih bentuknya seperti buah manggis, tetapi warna kulitnya cokelat seperti buah sawo. Bentuk daging buah dan bijinya pun menyerupai buah manggis. Tekstur buahnya halus dan licin berair. Rasanya manis-manis asam dan terasa menyegarkan. “Warga desa percaya buah kapul putih ini bisa mengobati penyakit kanker dan ginjal,”. Ada Juga buah mawuh atau kapul kuning hampir mirip dengan kapul putih, hanya saja daging buahnya berwarna kuning. Buah ini biasa dijadikan bahan baku pembuatan tuak lokal atau disebut barem setelah melalui proses peragian dan penyulingan.

BACA JUGA : cinta yang tidak pernah pergi

3. Buah Siwaw atau Rambutan Hutan

Apa yang sudah ada di benak kalian ketika mendengar buah rambutan tentunya tidak asing lagi bukan tetapi untuk buah siwaw atau rambutan hutan ini agak sedikit berbeda dengan buah rambutan pada umumnya sebab kulit buah ini tidak memiliki rambut. Tekstur kulitnya kasar berwarna kuning kemerahan. Daging buahnya berwarna putih bening seperti rambutan dan bijinya pun agak lonjong seperti biji rambutan. Rasanya pun manis legit sedikit asam. Bagaimana apakah tertarik ingin mencoba buahnya rambutan yang unik ini..??

4. Durian Hutan atau Tongkoi

Nah, buah yang paling terakhir ini adalah durian hutan, ya emank asal buah durian pada umumnya juga berasal dari hutan bukan dan jika kalian mendengar nama durian tentunya yang terkenla adalah durian Bangkok atau Medan yang besar dan rasanya manis, tidak hal dengan dengan buah yang satu ini yaitu durian hutan atau disebut tongkoi. Ukurannya lebih kecil daripada durian pada umumnya. Besarnya sekitar sekepalan tangan orang dewasa. Kulitnya berduri tipis tetapi kaku dan tajam. Tongkoi yang matang, kulitnya berwarna hijau dan jika terlalu matang warnanya berubah menjadi agak kecokelatan. Ketika dibuka, aroma durian langsung menyengat. Daging dan biji buahnya mirip seperti durian, tapi isinya hanya 2-6 buah.

Demikian ulasan mengenai beberapa buah khas Kalimantan Tengah yang unik, semoga artikel ini dapatnya menjadi informasi dan referensi untuk kalian yang ingin berkunjung ke pulau Kalimantan khusus Kalimantan Tengah ini dan jangan lupa nantikan hal yang unik seputar Pulau Kalimantan yang kalian harus tau. Terimaksih dan semgoa bermanfaat…!!JUDI DOMINO

Leave a Comment