4 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Tulang Cepat Keropos

Satukliknews – Ketika sudah mendengar kata tulang keropos, pasti kamu akan berpikirk bahwa hanya akan dialami oleh orang lanjut usia. Menurut dari Kementrian Kesehatan RI, walaupun tulang keropos berisiko lebih banyak dialami oleh orang yang berusia 50-an hingga 80-an, tetapi kenyataannya tulang keropos dapat menyerang siapa saja, termasuk mereka yang masih muda.

Osteoporosis yang sering terjadi akibat tulang kehilangan mineral termasuk kalsium yang lebih cepat. Sehingga massa atau kepadatan dari tulang tersebut bahkan bisa saja patah tulang hanya karena bersin. Selain hal itu ada juga beberapa kebiasaan yang mempercepat terjadinya tulang keropos yaitu.DOMINO ONLINE

1. Kurangnya atau tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga

Tulang dan otot akan langsung melemah kinerjanya bila jarang digunakan. Dengan rutin berolahraga akan membuat tulang dan otot kita menjadi lebih kokoh dan kuat. Dengan berolahraga secara rutin juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis. Olahraga yang dianjurkan yaitu seperti jogging, senam aerobik dan olahraga angkat beban. Kamu bisa melakukannya minimal 3 kali dalam seminggu.

2. Kebiasaan merokok

Menurut dari beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa keracunan nikotin dalam sel tulang bisa mengakibatkan tubuh menjadi sulit untuk menggunakan kalsium, estrogen dan juga vitamin D yang dapat menjaga kesehatan tulang.

BACA JUGA : wow 5 tips ini bisa memanaskan cinta suami istri

3. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan

Alkohol yang dapat menahan remodeling tulang dan mempercepat hilangnya kalsium dalam tulang, jadi jika kamu sering mengonsumsi alkohol dengan rutin hingga mabuk, maka dapat meningkatkan risiko untuk jatuh sehingga akan memudahkan terjadinya patah tulang.

4. Adanya ketidakseimbangan hormon

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada beberapa hormon yang memiliki peran untuk meningkatkan massa tulang, yaitu hormon paratiroid dan juga hormon pertumbuhan. Hormon-hormon tersebut memiliki tugas dalam penggunaan kalsium dalam tulang serta mampu menentukan kapan waktunya membentuk dan menghancurkan tulang. Sehingga, kurangnya kadar hormon-hormon tersebut bisa memicu tulang menjadi keropos.

Nah, itulah tadi yang ada diatas 4 kebiasaan yang bisa buat tulang anda menjadi keropos dan sebaiknya harus kamu hindari kebiasaan-kebiasaan di atas ya agar mamj dapat terhindar daro yang namanya osteoporosis.JUDI DOMINO

Leave a Comment