4 Khasiat Biji Pepaya Yang Harus Kamu Tau

Satukliknews – Jika kamu sudah habis makan buah pepaya, maka jangan buru-buru untuk membuang biji pepaya ke tempat sampah ya. Tahukah kamu bahwa biji pepaya yang dianggap sampah tersebut ternyata memiliki berbagai khasiat. Khasiat apa sajakah itu? yuk simak ulasannya di bawah ini.DOMINO ONLINE

Ketika kamu selesai makan buah pepaya, kebanyakan atau umumnya orang akan membuang langsung bijinya. Padahal biji pepaya memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan dan juga manfaat yang tidak terduga. Dalam biji pepaya terkandung nutrisi yang dapat membantu mengobati seperti sirosis hati dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

1. Baik untuk esehatan ginjal

Menurut dari para peneliti satukliknews ini telah menemukan bahwa biji pepaya mampu meningkatkan kesehatan ginjal dan membantu mencegah gagal ginjal. Hal tersebut dikarenakan adanya enzim papain dan juga chymopapain yang berfungsi membersihkan organ ginjal.

2. Membersihkan saluran pencernaan

Pencernaan yang sangat kotor merupakan salah satu sumber awal datangnya berbagai penyakit. Sisa makanan yang menumpuk dan mengendap terlalu lama dalam saluran pencernaan akan menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi biji pepaya yang dicampur dengan madu. Selain itu, biji pepaya bisa membersihkan organ-organ lain dalam tubuh.

BACA JUGA : 7 makanan penurun kolestrol

3. Baik untuk kesehatan hati

Selain itu ada beberapa kandungan enzim papain dan chymopapain mampu membersihkan hati. Cara yaitu dengan menghaluskan 5-6 biji pepaya dan mencampurkannya dengan jus pepaya atau buah lainnya. Minumlah secara rutin selama 30 hari. Hal tersebut akan membantu meningkatkan kesehatan hati secara signifikan. Sebab kandungan dalam biji pepaya dapat mengeluarkan racun dari dalam hati.

4. Mampu mencegah kanker

Hebatnya lagi, biji pepaya ini juga mengandung zat yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kandungan isothiocyanate yang bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, paru-paru, leukimia dan prostat.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, biji pepaya juga bisa kita manfaat untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.

Caranya yaitu langsung saja keringkanlah biji pepaya sebutuhnya, lalu haluskan dan campur dengan tawas yang sebelumnya sudah dihaluskan, dengan perbandingan 1:2 untuk tawas dan biji pepaya. Biji pepaya yang sudah dihaluskan dan juga tawas dikemas dalam kantong kasa dan kemudian direndam dalam air yang terdapat jentik nyamuk. Dalam sehari saja, tempat yang berisi sangat banyak jentik mati dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa khasiat dari biji pepaya yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bagaimana, kamu tertarik mencobanya? semoga bermanfaat.JUDI DOMINO

Leave a Comment