5 Manfaat Menyusui Untuk Busui

Satukliknews – Manfaat dari menyusui tidak hanya terbatas pada anak. Proses menyusui juga membuat ibu tetap sehat. Ada banyak manfaat menyusui bagi Busui ( ibu menyusui( loh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:DOMINO ONLINE

1) Menyusui Dapat Mempertahankan Tingkat Zat Besi Dalam Tubuh Ibu

90% dari ibu yang baru melahirkan akan melwewati masa yang dinamakan amenore, yaitu, kurangnya periode menstruasi untuk 4 – 6 minggu pertama setelah melahirkan. Ini terjadi karena hormon Anda membutuhkan waktu untuk menetap setelah bayinya lahir. Tingkat zat besi di tubuh Anda cenderung menurun selama periode ini. Menyusui mencegah hal itu terjadi. Menyusui akan memompa tubuh memproduksi zat besi.

2) Baik Untuk Organ Reproduksi

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang menyusui selama 6-24 bulan selama usia reproduksi mereka memiliki kemungkinan lebih rendah terkena kanker ovarium, payudara dan rahim. Ini terjadi karena menyusui dapat menurunkan tingkat estrogen dalam tubuh Anda. Semakin tinggi tingkat estrogen, semakin banyak kemungkinan terserang jenis kanker tersebut.

BACA JUGA : Alzheimer, apakah bisa disembuhkah?

3) Menyusui membuat Ibu sehat

Wanita yang sedang menyusui, umumnya menjalani gaya hidup yang lebih sehat daripada wanita lainnya. Menyusui mengurangi peluang Anda terkena penyakit kardiovaskular, diabetes, dan tekanan darah. Anda mungkin bertambah berat badan selama kehamilan tetapi Anda bisa menguranginya lebih cepat jika Anda menyusui bayi Anda.

4) Tulang Lebih Kuat

Anda juga dapat memperkuat tulang sekaligus membuat bayi Anda lebih kuat dengan memberikan ASI melalui proses menyusui. Tulang akan menyerap lebih banyak kalsium saat Anda menyusui. Tulang belakang dan tulang pinggul Anda akan menjadi lebih padat yang akan mengurangi kemungkinan Anda terkena osteoporosis setelah menopause.

5) Lekas Sembuh

Melahirkan bayi ke dunia ini bukanlah tugas yang mudah sekali. Ttubuh butuh waktu untuk pulih sepenuhnya dari proses melahirkan.. Namun tubuh wanita ternyata bisa menyembuhkan dirinya sendiri ketika meakukan proses menyusui. Tubuh Anda memproduksi oksitosin yang membantu rahim berkontraksi, mengurangi kehilangan darah setelah melahirkan.JUDI DOMINO

Leave a Comment