6 Makanan Sehat Yang Berbahaya

Satukliknews – Kesehatan itu adalah hal yang mahal, jadi sebelum sakit ada baiknya kita menjaga kesehatan. Untuk tetap sehat, menjaga pola hidup sehat adalah hal yang harus dilakukan. Salah satu hal penting dalam pola hidup sehat yakni pola makan sehat. Tapi tahukah Anda bahwa pola makan sehat bukan hanya tentang memakan makanan sehat melainkan juga mengatur asupan makanan sehat sesuai yang dibutuhkan tubuh? Karenya ternyata, meski disebut-sebut makanan sehat, sembilan makanan di bawah ini malah berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Air putih

Mungkin saja kalau Anda tidak percaya bahwa air putih bisa berbahaya bagi tubuh. Selama ini kita percaya mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup adalah hal yang sangat penting untuk tetap sehat. Memang benar, tanpa air putih kita tidak akan bisa bertahan hidup dan kekurangan air bisa memicu berbagai macam penyakit. Namun siapa sangka mengkonsumsi air putih hingga tingkat yang berlebihan ekstrim malah bisa berbahaya. Berlebihan dalam minum air bisa menyebabkan ‘keracunan air’ disebabkan asupan air yang ekstrim melarutkan natrium dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan kadar natrium dalam tubuh rendah yang kemudian mengganggu fungsi otak dan bahkan kematian.DOMINO ONLINE

BACA JUGA : Hal yang harus kamu ketahui sebelum melamar kekasih

Walau kasus dari semua keracunan air putih jarang terjadi namun anda perlu tetap waspada. Cara mengetahui apakah anda sudah cukup minum atau tidak bisa dilihat dari warna urin. Jika urin anda selalu bening seperti air, ada baiknya anda mengurangi asupan air.

2. Ikan tuna

Salah satu makanan lain yang sudah sering dikonsumsi untuk menjaga pola hidup sehat yakni ikan tuna. Hal ini karena daging ikan tuna mengandung banyak sekali nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, omega 3, magnesium dan kandung baik lainnya. Namun mengkonsumsi ikan tuna secara berlebihan ternyata bisa berbahaya untuk tubuh Anda. Hal ini karena ikan tuna merupakan salah satu ikan dengan tingkat merkuri yang cukup tinggi dibandingkan ikan lain. Sehingga memakan ikan tuna terlalu sering atau berlebihan dapat menyebabkan  penyakit seperti gangguan penglihatan dan gangguan koordinasi otot.

3. Brokoli

Mengkonsumsi lebih banyak lagi dengan sayuran adalah hal yang wajib dilakukan untuk memulai pola hidup sehat. Dari sekian banyak macam sayuran yang ada, brokoli berada di urutan teratas untuk dikonsumsi. Bagaimana tidak, sayuran hijau ini memilliki segudang manfaat termasuk yaitu tinggi antioksidan dan juga dikenal dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung. Namun hati-hati dalam mengkonsumsi sayuran ini, meski memiliki banyak sekali manfaat, mengkonsumsinya sercara berlebihan bukanlah hal yang baik. Terlalu berlebihan mengkonsumsi brokoli dapat menyebabkan hipotiroid yang bisa menganggu detak jantung dan mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan karena brokoli mengandung tiosanat yang dalam jumlah berlebihan akan menghambat penyerapan yodium oleh tubuh.

4. Teh hijau

Sudah lama sekali loh kalau teh hijau diyakini sebagai minuman kesehatan yang memiliki banyak manfaat selain pada kesehatan tubuh juga untuk kecantikan. Hal ini tepat sekali karena teh hijau memiliki antioksidan tinggi yang dapat mengurangi resiko kanker, peradangan atau bahkan sakit jantung. Namun ternyata teh hijau bisa jadi berbahaya apabila dikonsumsi oleh orang dengan level zat besi yang rendah. Zat tannin dalam teh hijau akan mengganggu penyerapan zat besi dari sumber nabati. Jika Anda memiliki masalah kekurangan zat besi, ada baiknya membatasi konsumsi teh hijau.

5. Makanan berserat tinggi

Kalau Anda sedang dalam program untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan yang berserat tinggi adalah pilihan yang baik. Mengkonsumsi serat saat melakukan diet akan membuat kenyang lebih lama. Namun mengkonsumsi serat terlalu berlebihan dalam sekali waktu akan menimbulkan masalah apalagi kalau tubuh Anda tidak terbiasa. Mengkonsumsi terlalu bayak serat akan membuat perut anda kembung bahkan bisa menimbulkan diare. Selain itu mengkonsumsi serat berlebihan dapat mengganggu penyerapan zat besi, zinc, magnesium dan kalium dalam tubuh.

6. Bayam

Banyak sekali loh orang yang menolak untuk mengkonsumsi jenis sayuran tertentu karena tidak suka dengan rasanya. Padahal untuk menjaga pola hidup sehat, memakan sayuran bisa dibilang suatu kewajiban. Bayam termasuk jenis sayuran yang memiliki segudang manfaat karena mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk juga magnesium dan vitamin K. Namun jika anda memiliki masalah dengan batu ginjal, sebaiknya tidak mengkonsumsi bayam apalagi dalam jumlah banyak. Karena kandungan kalsum oksalatnya yang tinggi, sayuran ini berbahaya bagi penderita batu ginjal.JUDI DOMINO

Leave a Comment