6 Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Di Microwave

Satukliknews – Makanan yang sangat dingin tentu saja tidak akan terlalu nikmat ketika disantap, bukan? Banyak orang yang memilih memanaskannya kembali. Ada yang menggunakan cara tradisional yaitu memasaknya ulang. Ada juga yang memilih menggunakan cara praktis yaitu memanaskannya di dalam microwave.

Tetapi ternyata ada juga loh beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan di dalam microwave. Alih-alih mendapatkan manfaat dari makanan tersebut, Anda malah akan kehilangan nutrisi yang terkandung dan yang lebih parah, makanan tersebut malah akan memiliki racun di dalamnya.DOMINO ONLINE

1. Seledri

Sayuran hijau yang satu ini memang enak sekali untuk disantap. Apalagi apabila seledri dicampurkan dalam olahan sup. Tetapi memanaskan kembali sup yang memiliki seledri di dalamnya bukanlah ide yang baik. Seledri sendiri mengandung nitrat yang apabila dipanaskan dengan microwave akan berubah menjadi nitrit atau nitrosiamin yang bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker.

2. Telur

Makanan lain yang tidak boleh dipanaskan kembali dengan microwave adalah telur. Telur yang sudah dipanaskan dengan microwave akan menciptakan racun di dalamnya. Ada baiknya jika terdapat sisa telur olahan, campurkan ke makanan lain seperti salad atau sandwich. Dengan demikian Anda tidak perlu repot-repot membuangnya ke tong sampah.

3. Bayam

Sama halnya dengan seledri, bayam juga merupakan sayuran yang banyak mengandung banyak nitrat. Kandungan nitrat yang dipanaskan akan membuatnya berubah menjadi nitrit dan nitrosamin yang bersifat karsinogenik. Ada baiknya tambahkan saja sayuran bayam ke dalam smoothie, salad, maupun sandwich buatan Anda agar manfaat dari bayam tersebut tidak terbuang percuma.

BACA JU7GA : Mengapa pasangan yang suka bertengkar cintanya lebih kuat?

4. Kentang

Secara tidak terduga lagi ternyata memanaskan kentang adalah hal yang buruk bagi kesehatan. Hal ini karena proses pemanasan ulang kentang malah akan membuat bakteri di dalamnya berkembang biak. Ini dapat menyebabkan botulisme (keracunan karena bakteri) bagi yang mengkonsumsinya. Sebaiknya segera habiskan kentang yang telah dimasak.

5. Ayam

Pemanasan ulang dengan microwave ini ada pada masakan ayam akan menimbulkan masalah pada tubuh. Proses pemanasan ulang akan mengubah komposisi nutrisi dan protein pada ayam itu sendiri. Mengkonsumsinya pada bentuk yang sudah seperti ini akan menimbulkan masalah baru pada tubuh. Masalah itu adalah gangguan pada saluran pencernaan.

6. Nasi

Nasi sendiri juga kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan lainnya. Tidak hanya itu, nasi juga memiliki bakteri yang hidup di dalamnya. Bakteri ini meski berada dalam jumlah yang tidak membahayakan tubuh, tidak mati dalam proses pemasakan. Memasak nasi dan kemudian membiarkannya dalam suhu ruangan berjam-jam akan membuat bakteri berkembang biak di dalamnya.JUDI DOMINO

Proses pemanasan ulang pun tidak akan menyelesaikan masalah tersebut. Sebaiknya Anda menghabiskan nasi yang dimasak tersebut dalam satu hari dan jangan biarkan hingga menginap. Tetapi jika memang harus, diamkan nasi hingga dingin selama satu jam. Lalu langsung simpan di dalam kulkas untuk mencegah tumbuh kembangnya bakteri.

Leave a Comment