6 Tanda-Tanda Penyakit Lupus

Satukliknews – Masihkah anda ingat dengan pemberitaan tentang Selena Gomez yang harus menjalani transfusi ginjal? Transfusi yang Gomez harus jalani itu adalah penyebab dari penyakit yang ia derita. Ya, penyakit lupus namanya. Sudahkah anda tahu apa itu lupus dan apa saja sih tanda-tandanya?

Mungkin saja masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang penyakit ini. Popularitas penyakit ini jauh dibandingkan penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, kanker atau HIV/AIDS. Padahal penyakit ini sama bahayanya dengan penyakit-penyakit lain.

Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan produksi antibodi yang berlebihan dan sistem imun tubuh menyerang organ tubuh yang sehat. Kekebalan tubuh atau sel pertahanan tubuh yang seharusnya menjaga tubuh dari berbagai serangan virus atau bakteri yang dapat merugikan tubuh, justru malah menyerang dirinya sendiri. Penyakit ini sebagian besar menyerang kaum wanita berusia 15-50 tahun, namun ada beberapa kasus Lupus menyerang anak-anak dan pria. Tidak diketahui kenapa Lupus menyerang mayoritas kaum wanita.DOMINO ONLINE

BACA JUGA : cara simple membuat password pada flasdisk

Dibawah ini adalah tanda-tanda awal penyakit lupus yang dapat anda perhatikan:

1. Ruam pada wajah

Tanda yang satu ini mungkin juga sudah sangat dikenal sebagai salah satu ciri khas penyakit lupus. Ruam pada wajah ini disebut juga sebagai butterfly rash yang biasanya muncul pada batang hidung dan kedua pipi. Ruam ini biasanya muncul setelah terpapar sinar matahari.

2. Kelelahan

Gejala yang sangat besar pada penyakit lupus, tapi sayangnya, penyakit ini juga dapat merepresentasikan macam penyakit lainnya. Lupus dapat menyebabkan anemia yang dapat membuat seseorang mudah lelah, dan kelelahan dapat datang dari berbagai macam hal yang terjadi dalam tubuh kita. Mempunyai ginjal dan paru-paru yang tidak sehat dapat membuat kita kelelahan.

3. Rambut rontok

Rambut yang sudah rontok adalah tanda yang sangat sering dijumpai pada penderita penyakit lupus. Kerontokan pada rambut disebabkan karena peradangan pada kulit kepala. Beberapa orang mengalami kerontokan yang cukup parah, seperti mendapati gumpalan rambut. Beberapa orang lainnya mengalami kerontokan secara perlahan. Terkadang kerontokan juga terjadi pada alis, bulu mata, jenggot, dan rambut pada tubuh lainnya.

4. Demam

Demam yang dialami pada penderita penyakit lupus adalah demam rendah yang berkisar pada suhu 36.9˚C sampai 38.3˚C. Demam ini datang secara tiba-tiba, dan mungkin seseorang tidak merasa butuh ke dokter karena suhu demam yang rendah. Demam rendah dapat menjadi tanda peradangan atau infeksi. Jika anda mengalami demam secara berulang, berkonsultasilah ke dokter.

5. Nyeri sendi

Peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit, kaku dan kebebengkakan pada sendi, terutama pada pagi hari. Seperti tanda-tanda lupus yang lain, nyeri sendi datang dan pergi.

6. Peradangan pada ginjal

Peradangan pada ginjal juga dapat timbul pada penderita lupus, dan peradangan ini disebut nephritis. Peradangan ini membuat ginjal sulit untuk menyaring racun pada darah. Peradangan pada ginjal dapat menyebabkan pembengkakan pada tubuh dan darah pada urin.

Tanda-tanda yang lain penyakit lupus dapat terjadi, dan tidak semua orang merasakan hal yang sama. Alangkah baik jika kita rajin berkonsultasi pada dokter agar penyakit ini dapat terdeteksi dengan cepat. Walaupun penyakit ini menyerang mayoritas kaum wanita, tidak ada salahnya jika kaum pria juga waspada terhadap lupus. Dengan begitu, penanganan akan lebih mudah.JUDI DOMINO

Leave a Comment