7 Fakta Unik Yang Terselubung Bahasa Jawa

Satukliknews – Bahasa Jawa ini banyak sekali yang digunakan oleh warga yang bersuku Jawa yang tersebar di Jawa Timur Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Beberapa wilayah di Jawa Barat terutama area pantai utara di antaranya Indramayu, Karawang, Subang, dan Cirebon juga tidak sedikit ditemui orang berkomunikasi memakai Bahasa Jawa. Wilayah Banten anatara lain ialah Serang, Tangerang, dan Cilegon penggunaan Bahasa Jawa pun sering kita dengar. Berikut 7 Fakta Terselubung Dibalik Bahasa Jawa.DOMINO ONLINE

1. Hanacaraka Adalah Aksara Terindah Di Dunia

Bahasa Jawa sudah masuk dalam susunan aksara terindah di dunia. Kelima aksara indah tersebut ialah Burmese (Myanmar), Georgia (Georgia), Tagalog (Filipina), Sinhala (Sri Lanka), dan Hanacaraka (Indonesia).

2. Memiliki level Penggunaa Sebagai Bentuk Penghormatan

Ada empat tingkat bahasa penuturan Bahasa Jawa. Level ini dipakai untuk memuliakan orang yang lebih tua. Keempat tingkat Bahasa Jawa itu di antaranya krama inggil (halus sekali), krama (halus), madya (biasa), dan ngoko (kasar).

3. Setiap Wilayah Mempunyai Logat Yang Khas

Logat khas dengan Bahasa Jawa berbeda-beda di masing-masing daerah. Jawa Tengah, Yogyakarta sampai Jawa Timur memiliki karakteristik masing-masing saat menggunakan Bahasa Jawa. Mereka yang bermukim di Surabaya barangkali terbiasa dengan bahasa yang dikenal dengan sebutan Suroboyoan. Kota dingin, Malang, bahkan mempunyai bahasa menarik yang dinamakan bahasa walikan. Sementara Jawa Tengah dan Yogyakarta tersiar lebih halus penuturannya sebab kebanyakan memakai gaya turur krama.

BACA JUGA : 14 ciri-ciri pacarmu yang suka selingkuh

4. Berada Di Peringkat Ke 11 Di Dunia

Bahasa Jawa yang sedang menduduki peringkat ke 11 di dunia menurut jumlah penuturnya. Berikut urutan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, Bahasa Jerman, China, Bengali, Portugis, Rusia, Jepang, Spanyol, Inggris, Arab, Hindi, , dan Bahasa Jawa.

5. Bahasa Nomor 2 Yang Banyak Digunakan Di Indonesia

Google Translate juga sudah memasukkan Bahasa Jawa sebab bahasa ini menduduki nomor urut dua yang paling banyak dipakai di Indonesia. Nomor satu pastinya bahasa Indonesia.

6. Digunakan Di 5 Negara

Tidak hanya banyak yang dugunakan di Indonesia, Bahasa Jawa juga banyak diucapkan di lima negara. Kelima negara itu di antaranya Belanda, Singapura, Suriname, Malaysia , Suriname, dan Kaledonia Baru atau New Calédonie suatu negeri seberang laut kepunyaan Prancis terletak di Samudra Pasifik bagian selatan.

7. Dipakai Di Google Translate

Bahasa Jawa juga sudah masuk dalam susunan pilihan bahasa terjemah di Google Translate. Penambahan Bahasa Jawa pada Google Translate bersamaan dengan empat bahasa lainnya, yakni Bosnia, Cebuano, Hmong dan Marathi.JUDI DOMINO

Leave a Comment