7 Hal Buruk Yang Terjadi Kalau Anda Tidur Terlalu Banyak

Satukliknews – Setelah sudah beraktifitas seharian, mungkin tidur adalah satu-satunya hal yang kita inginkan. Setiap pagi, kita mungkin menambah beberapa menit waktu di alarm dan berharap untuk bisa tidur lebih lama. Tapi setelah anda membaca bahaya tidur lebih lama di bawah ini, Anda pasti tidak akan lagi mencari-cari alasan untuk tidur lebih lama. Karena ternyata tidur terlalu lama memiliki efek negatif yang sangat buruk bagi kesehatan bahkan sampai dapat menyebabkan kematian. Inilah hal buruk yang bisa terjadi kalau Anda tidur terlalu banyak!DOMINO ONLINE

1. Peyakit Jantung

Meski ada hal ini masih belum sepenuhnya jelas, namun tidur terlalu banyak diyakini meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Dari studi yang dilakukan dengan melibatkan 72.000 wanita, wanita yang tidur sekitar sebelas jam semalam memiliki resiko terkena penyakit jantung koroner lebih besar yakni sebesar 38% dibanding wanita yang tidur delapan jam semalam. Wanita juga pada umumnya cenderung tidur lebih lama dibandingkan pria, hal ini menyebabkan wanita lebih rentan terkena penyakit jantung Koroner. Hal ini tentu sangat menakutkan, karena penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia.

2. Obesitas

Bagi Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan, tidur terlalu banyak bukan lah hal yang baik karena studi menunjukkan bahwa ada kaitan erat antara tidur terlalu banyak dengan obesitas. Meski begitu tidur terlalu sedikit juga tidak baik karena sama-sama meningkatkan resiko obesitas. Tidur terlalu lama hingga lebih dari sepuluh jam sehari dapat mengurangi waktu Anda untuk aktif beraktifitas, hal ini setidaknya meningkatkan 21% resiko untuk menjadi obesitas.

3. Diabetes

Orang yang tidur terlalu banyak juga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena diabetes. Terlalu banyak tidur dapat menaikkan tingkat gula darah Anda, ditambah dengan obesitas yang menghantui orang yang lebih banyak tidur dan juga gaya hidup, tidur lebih lama menaikkan resiko seseorang untuk terkena diabetes tipe 2. Lebih cepat lelah bisa jadi merupakan tanda-tanda Anda terkena penyakit ini. Disebabkan karena tubuh mengalami kesulitan untuk mengubah gula menjadi energi dan kemudian membuat Anda selalu lelah.

4. Mood yang buruk bahkan depresi

Jika suasana hati anda selalu buruk, coba cek apakah pola tidur Anda sudah benar atau belum. Dikarenakan kelebihan tidur akan membuat level serotonin Anda menjadi rendah. Hal ini bertanggung jawab pada suasana hati yang buruk bahkan bisa memicu depresi. Meski insomnia dikatakan lebih  banyak memicu depresi pada seseorang, ternyata tidur terlalu banyak juga berpengaruh buruk dalam menentukan suasana hati seseorang. Setidaknya 15% dari penderita depresi biasanya tidur lebih banyak, hal ini berdampak buruk pada masa penyembuhan depresi.

BACA JUGA : 7 tandanya kalau dia tertarik sama kamu

5. Sakit kepala

Terlalu banyak tidur itu akan dapat menyebabkan sakit kepala. Mungkin ini adalah hal yang biasa Anda rasakan ketika bangun dari tidur dalam waktu yang sangat lama. Bukannya merasa segar, kepala Anda malah terasa sakit sekali. Tidur berlebihan menyebabkan serotonin yang diproduksi oleh tubuh Anda menjadi rendah. Hal ini bertanggung jawab pada suasana hati yang buruk dan juga sakit kepala termasuk juga memicu sakit kepala sebelah.

6. Sakit punggung

Jika Anda sudah memiliki masalah sakit punggung, orang-orang biasanya menyarankan untuk tidur lebih banyak. Namun ternyata tidur lebih banyak bisa menjadi penyebab masalah sakit punggung itu sendiri. Jika Anda tidur terlalu banyak apalagi dalam posisi yang salah, akan menyebabkan kekakuan otot yang tentu saja memperburuk keadaan punggung Anda. Melakukan aktifitas seperti biasa dan tidur yang cukup mungkin adalah pilihan yang lebih baik.

7. Penuaan dini

Tidur terlalu banyak dapat meyebabkan penuaan dini. Pada umumnya terjadi pada orang dewasa yang tidur terlalu banyak dimana menyebabkan otak bertambah tua setidaknya dua tahun. Hal ini membuat seseorang kesulitan dalam berkonsentrasi, cepat lupa dan juga mempengaruhi kemampuan dalam beraktifitas sehari-hari.JUDI DOMINO

Leave a Comment