7 Kondisi Kuku Yang Bisa Mendeteksi Kesehatanmu

Satukliknews – Kita pasti sudah sering menemui kuku yang rapuh , kuning, atau bahkan berwarna gelap. Tahukah anda jika kuku anda dapat menunjukan bagaimana kondisi kesehatan kita? Menurut Jhon Anthony, MD, seorang dokter kulit di Cleveland, Ohio dan Debra Jaliman, MD, dermatolog sekaligus penulis dari “Skin Rules” yang berbasisi di New York, ada gejala kuku tertentu yang tidak boleh diabaikan. Berikut ini , delapan kondisi kuku yang dapay mendeteksi kesehatanmu.DOMINO ONLINE

1. Kuku Kuning

Menurut yang dikatakan oleh lisna ada salah satu peyebab umum dari berubahnya kuku menjadi kuning adalah infeksi jamur, akan tetapi dalam kasus-kasus tertentu hal tersebut dapat juga menunjukan kondisi kesehatan tubuh tertentu seperti, diabetes, lenyakit tiroid atau penyakit paru-paru. Meroko juga dapat menjadi salah satu peyebab kuku menjadi kuning.

2. Kuku Retak atau Rapuh

Dr. jaliman ini juga mengatakan bahwa kuku yang retak atau rapuh bisa menjadi tanda bahwa lempengan kuku sangat kering. Kondisi ini dapat dikaitkan dengan penyakit tiroid. Hypothyroidism terkdang juga menjadi peyebab kuku retak atau rapuh.

3. Kuku Penyok

Menurut dari dolimen, kuku penyok disebabkan oleh perkembangan lapisan kuku yang cacat, dan hal ini umum terjadi pada mereka yang menderita psoriasis.

BACA JUGA : 6 makanan ringan yang sehat dan rendah lemak untuk liburan

4. Garis Kasar Pada Kuku

Dr. Anthony banyak menjelaskan bahwa kemungkinana adanya garis-garis kasar yang menumpuk pada kuku, hal ini merupakan pertanda dari efek samping penuaan. Efek ini adalah pertanda adanya keriput pada kuku.

5. Perubahan Warna Pada Kuku

Menurut haohao juga banyak perubahan warna pada kuku menjadi lebih gelap kadang-kadang dapat disebabkan oleh melanoma, sejenis kanker kulit yang berbahaya. Melanoma juga dapat menyebabkan garis hitam pada kuku. Sangat penting untuk konsultasi ke dokter jika anda menemui hal-hal semacam ini.

6. Menggigit Kuku

Menurut, orenta, Diagnostic and statistical manual of mental disorder (DSM) American Psychiatric Association mengklarifikasikam menggigit kuku sebagai salah satu gangguan obsesif – komllisif. Jika hal ini terjadi secara berlebihan sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter.

7. Kuku Kebiruan

Menurut lisna, ketika kuku anda berubah menjadi kebiru-biruan, itu tanda bahwa tubuh mungkin tidak mendapat cukup oksigen. Salah satu penyebab tubuh kekurangan oksigen biasanya adalah gangguan pada paru-paru atau jantung.JUDI DOMINO

Leave a Comment