7 Obat Herbal Yang Terbukti Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Satukliknews – Batu ginjal yang sudah terjadi disebabkan adanya asam garam dan mineral yang menumpuk serta mengeras didalam ginjal. Kabar baiknya, batu ginjal adalah sebuah penyakit yang bisa disembuhkan dan diatasi, baik menggunakan obat herbal maupun pengobatan medis. Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu, tidak mengonsumsi air putih yang cukup, maupun penyakit tertentu yang bisa menimbulkan munculnya batu ginjal.DOMINO ONLINE

Pengobatan batu ginjal pada umumnya ialah dengan operasi, namun jika ukuran batu ginjal telah cukup besar diameternya yaitu sudah mencapai 0,6 cm atau lebih sehingga penderita akan tersumbat pada saluran kemihnya. Untuk mengobati batu ginjal, terdapat beberapa cara medis maupun herbal yang dapat dipertimbangkan terlebih dahulu. Seperti yang akan dibahas dalam artikel berikut ini.

1. Mengkonsumsi Mentimun

Sudah diteliti juga bahwa ekstrak dari mentimun dapat melarutkan batu lebih cepat. Tidak hanya bisa dibuat menjadi acar atau bermanfaat merawat kulit saja, ternyata mentimun juga mampu menekan resiko pembentukan batu pada bagian ginjal. Jadi selain bisa dipakai sebagai salah satu pengobatan, mentimun merupakan metode paling efektif untuk mencegah munculnya batu ginjal.

2. Mengunakan Obat Ajowan atau Ajwain

Mungkin saja anda sudah pernah mendengar apa itu Trachyspermum Ammi, dan memang obat herbal yang satu ini sudah terbukti mampu dimanfaatkan saat tanda-tanda adanya batu ginjal mulai muncul. Rasa nyeri yang disebabkan batu ginjal bisa dihilangkan menggunakan obat ini. Sebab tanaman ini mengandung diuretik, yang mana batu ginjal bisa ditangani dengan cara alami dan aman tentunya.

3. Mengkonsumsi Ramuan Saxifraga Ligulata

Masih ada lagi loh sebuah tanaman yang sudah dibuktikan keampuhannya dalam melarutkan batu ginjal dengan cepat. Bahkan dalam tanaman yang satu ini terdapat sifat antiseptik kemih yang tinggi, dan mampu diandalkan oleh penderita batu ginjal. Dalam takaran sedikit saja ekstrak dari tanaman ini mampu dimanfaatkan secara efektif untuk melarutkan batu ginjal sebab efek diuretiknya yang ringan. Berkat tanaman ini, banyak sekali penderita batu ginjal bisa meningkatkan jumlah produksi urin mereka.

BACA JUGA : Cara mengenal hiperhidrosis

4. Mengkonsumsi Rumput Upas-Upasan

Pernahkah anda mendengar nama tanaman rumput katumpangan uler atau upas-upasan? Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tanaman ini jika dikonsumsi bisa menurunkan enzim pensintesis oksalat dengan baik. Dari kemampuannya itulah, sebagai penanda deposisi kristal dibagian organ ginjal akan segera dihilangkan. Tanaman ini telah terbukti keampuhannya dalam mengobati batu yang ada disaluran kemih.

5. Mengkonsumsi Meniran Hijau

Jenis tanaman yang satu ini telah terbukti dari semua keefektifannya dalam menghambat pembentukan batu dan ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian di Brazil. Pada tanaman ini, terdapat senyawa yang bisa mendukung pencegahan terbentuknya sebuah batu endapan. Bahkan ada banyak sekali loh kabar baiknya lagi yaitu ada juga pertumbuhan dari endapan kalsium ini juga bisa dihambat dan juga kristal-kristal akan tetap terurai pada urin.

6. Mengkonsumsi Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing ini juga merupakan tanaman yang sangat efektif digunakan untuk mengatasi penyakit batu ginjal dan asam urat. Ingat bahwa proses pembentukan batu ginjal bisa berasal dari timbulnya gangguan pada saat proses pemecahan asam urat. Tanaman yang seperti ini akan segera menstimulasi ginjal supaya urin bisa keluar lebih banyak serta natrium dan juga ion lainya bisa terekskresi agar bisa keluar melalui urin.

7. Memanfatkan Tanaman Tanjung

Di India, sudah ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, yang mana tikus ini sengaja dirangsang dengan tujuan menciptakan batu di bagian ginjalnya. Dan ternyata tanaman tanjung mampu mengurangi jumlah pembentukan batu ginjal. Secara signifikan, ekstrak alkohol yang berasal dari tanaman ini bisa menurunkan kreatinin, asam urat,  serta ureum yang terdapat dalam darah

Itulah ke-7 bahan herbal yang mampu dijadikan obat untuk mengatasi batu ginjal. Segeralah atasi penyakit batu ginjal, karena bila tidak melakukan tindakan lebih lanjt, dapat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh anda.JUDI DOMINO

Leave a Comment