7 Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia

Satukliknews – Kematian itu adalah suatu hal yang bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja. Sayangnya kita tidak bisa menolak dan juga tidak bisa secara pasti mengetahui penyebab seseorang akan meninggal. Ada banyak penyebab sampai seseorang bisa meninggal dunia. Entah itu disebabkan karena penyakit yang sudah lama atau bahkan kematian mendadak akibat kecelakaan. Menurut data yang dikeluarkan oleh WHO Berikut 10 penyebab kematian tertinggi di dunia.DOMINO ONLINE

1. Penyakit Jantung Iskemik

Menyumbangkan setidaknya 15,5% kematian yang ada di dunia, penyakit jantung iskemik atau penyakit jantung coroner menyebabkan hampir sembilan juta orang meninggal setiap tahunnya. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat-zat lemak dan koleseterol di dalam arteri koroner. Menyebabkan arteri koroner menjadi sempit dan menghambat aliran oksigen dan darah dari paru-paru ke jantung. Hal ini membuat jantung kekurangan oksigen dan mengganggu fungsi jantung yang kemudian memicu serangan jantung. Diabetes dan tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab penyakit ini namun gaya hidup tidak sehat, merokok serta minum alkohol juga memiliki andil yang sangat besar.

2. Stroke

Anda tentu sudah tidak asing dengan penyakit stroke. Jika serangan jantung terjadi karena terhambatnya darah dan oksigen ke jantung, stroke terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu yang kemudian membuat saraf-saraf di otak mati. Dapat menyebabkan cedera otak, gangguan fungsi tubuh tertentu, kecacatan dan bahkan tidak jarang berujung pada kematian. Tingkat kematian yang disebabkan oleh stroke sangat lah tinggi, berada di posisi ke dua di dunia, penyakit ini setidaknya membuat lebih dari 6,2 juta orang meninggal di dunia dengan presentasi sebesar 11,1%. Merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di negara berkembang di Asia Tenggara.

3. Infeksi saluran pernapasan bawah

Infeksi saluran pernapasan bawah memang merupakan penyakit yang cukup umum di masyrakat. Meski begitu, penyakit yang termasuk di dalamnya penyakit influenza, bronkitis dan pneumonia menyumbang kematian terbanyak nomor tiga dengan presentasi sebesar 5,6% dari seluruh kematian di dunia atau menewaskan setidaknya 3,19 juta orang. Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan bakteri, penyakit-penyakit ini mengganggu saluran pernapasan dan paru-paru pengidapnya. Selain dikarenakan virus dan bakteri, penyakit ini juga dipicu oleh polusi, asap rokok dan kebersihan yang buruk.

BACA JUGA : Buah pisang mengandung virus hic. benarkah?

4. Penyakit paru obstruktif kronik

Penyebab dari semua kematian keempat terbesar di dunia masih ada hubunganya dengan saluran pernapasan yaitu penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit ini termasuk bronkitis dan enfisema yang memiliki gejala seperti sesak napas, napas berbunyi atau batuk kronis. Penderita penyakit ini didominasi orang dengan usia empat puluh tahun ke atas. Setidaknya 5,6% kematian di dunia di sebabkan oleh penyakit ini yang berarti menyebabkan sekitar 3,17 juta orang meninggal setiap tahunnya. Penyebab utama penyakit ini adalah rokok. Baik perokok aktif dan perokok pasif sama-sama memiliki peluang terkena penyakit ini. Kabar buruknya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

5. Kanker paru-paru

Sepertinya dari penyakit yang menyerang paru-paru menyumbangkan penyebab kematian yang sangat tinggi. Penyebab kematian tertinggi ke lima ialah kanker paru-paru, termasuk kanker trakea dan bronkus. Kanker paru-paru menyumbangkan angka kematian tertinggi dibandingkan kanker lainnya. Dengan kematian akibat kanker yang berjumlah 8,2 juta jiwa, 1,6 jutanya disebabkan oleh kanker paru-paru. Berada di urutan kelima, kanker paru-paru bertanggung jawab atas 3,0% total kematian seluruh dunia. Sepertinya Anda harus mempertimbangkan lagi untuk berhenti merokok, karena rokok menjadi salah satu alasan utama penyebab kanker ini.

6. Diabetes Melitus

Merupakan penyakit yang cukup umum didengar di masyarakat, diabetes melitus merupakan penyebab kematian tertinggi ke enam. Diderita lebih dari empat ratus juta warga di dunia, angka ini bisa saja bertambah. Diabetes melitus bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini terjadi karena kadar gula di dalam tubuh yang berada jauh di atas normal disebabkan karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menggunakan hormon insulin. Diabetes melitus bertanggung jawab atas 2,8% dari total kematian di dunia yang menyebabkan lebih dari 1,58 juta orang meninggal.

7. Alzheimer

Alzheimer dan juga penyakit demensia lainnya turut menjadi penyebab utama kematian di dunia. Merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak secara bertahap yang menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan berbicara juga semakin hilangnya fungsi-fungsi bagian tubuh lainnya yang kemudian menyebabkan kematian. Penyakit ini bertanggung jawab atas 2,7% total kematian di dunia yang menyebabkan lebih dari 1,54 juta orang meninggal dunia.JUDI DOMINO

Leave a Comment