7 Tanda Penyakit Serius

Satukliknews – Tahukah anda, bahwa tubuh kita ini juga akan memberi tanda jika ada yang tidak beres. Namun kita sering kali tidak peduli pada tanda yang diberikan oleh tubuh padahal Tanda ini kalau disadari sangatlah berguna untuk menghindari penyakit-penyakit serius yang mungkin bisa kita idap. Berikut adalah tanda yang sering diberikan oleh tubuh pertanda bahwa ada penyakit yang serius.DOMINO ONLINE

Perlu diingat sekali loh bahwa artikel ini dibuat bukan untuk menakut-nakuti. Dikarenakan tubuh setiap orang berbeda-beda, ada baiknya periksakan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan apapun.

1. Penurunan berat badan drastis

Penurunan dari beberapa berat badan bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda mungkin memiliki penyakit serius. Hal ini perlu anda perhatikan apabila penurunan berat badan yang terjadi cukup drastis terlebih lagi Anda sedang tidak melakukan diet atau olahraga khusus untuk menurunkan berat badan. Ada banyak penyakit serius yang biasanya didahului oleh penurunan berat badan secara drastis antara lain ialah kanker pangkreas, lambung dan paru-paru.

2. Gigi bermasalah

Banyak sekali loh orang yang menganggap remeh kerusakan pada gigi karena mengira satu-satunya alasan gigi yang rusak ialah karena jenis makanan atau kurangnya kebersihan gigi. Namun lebih dari itu, kerusakan pada gigi bisa menjadi tanda untuk penyakit tertentu salah satunya yaitu asam lambung. Seseorang yang menderita asam lambung kerap kali mengeluhkan bahwa enamel gigi bagian belakangnya rusak, hal ini disebabkan oleh asam lambung yang naik melalui esofagus dan merusak gigi. Asam lambung memang merupakan penyakit yang cukup umum dimasyarakat, namun jika tidak diobati bisa menjadi semakin parah dan meningkatkan resiko kanker esofagus.

3. Perubahan frekuensi buang air besar dan air kecil

Buang air kecil saja lebih sering atau malah lebih jarang dari biasanya bisa jadi merupakan tanda dari penyakit yang lebih serius seperti gangguan pada kandung kemih atau bahkan kanker kandung kemih. Begitu juga dengan sembelit atau diare yang bisa menjadi tanda adanya kanker kolon. Tapi jangan panik dulu, ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan perubahan frekuensi buang air besar dan buang air kecil selain penyakit serius. Pola makan atau diet yang berubah bisa jadi salah satu alasannya. Perubahan frekuensi buang air besar dan air kecil ini perlu anda waspadai jika berlangsung cukup lama.

4. Wasir

Wasir biasanya sering terjadi akibat kelamaan mengenjan saat buang air besar sehingga terjadi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan sakit disekitar anus. Penderita wasir biasanya merasa tidak nyaman saat duduk dan bahkan mengeluarkan darah. Jika anda penderita wasir dan sudah berobat namun tidak ada perubahan, mungkin anda perlu curiga akan adanya penyakit lain yang lebih serius.

BACA JUGA : 3 cara gampang lupakan mantan dan kenangan

Penyakit Crohn atau gangguan peradangan saluran pencernaan seringkali dianggap penyakit wasir oleh sebagian orang karena penyakit ini kadang hanya menyerang bagian anus sehingga tanda-tandanya mirip seperti wasir. Parahnya, penyakit Crohn jika tidak ditangani bisa berubah menjadi kanker usus besar.

5. Perubahan tulisan tangan

Siapa sih yang menyangka kalau perubahan tulisan tangan juga bisa mengindikasikan seseorang terkena penyakit serius. Salah satu penyakit yang bisa diindikasikan oleh perubahan tulisan tangan yakni penyakit Parkinson atau penyakit degenerasi sel saraf secara bertahap pada bagian tengah otak. Menurut penelitian yang dilakukan di Israel pada penderita penyakit Parkinson tahap awal, penderita memiliki pola tulisan yang semakin kecil dan semakin rapat pada  kalimat yang mereka tulis. Beberapa tanda awal penyakit ini meliputi kehilangan kemampuan mengenali bau dan mimpi yang intens dimana Anda aktif bergerak saat tidur. Jika Anda mengalami tanda-tanda ini dalam waktu yang lama, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter saraf.

6. Batuk terus-menerus

Batuk itu adalah hal yang umum terjadi baik pada anak-anak atau orang dewasa. Penyebabnya pun beragam mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga cuaca. Namun batuk yang berlangsung dalam jangka panjang perlu anda waspadai karena bisa jadi merupakan tanda penyakit yang serius terlebih Anda tidak memiliki alergi atau penyakit lain seperti asma. Batuk berkepanjangan dapat mengindikasikan masalah pada paru-paru Anda termasuk dapat menjadi tanda awal kanker paru-paru atau kangker tenggorokan.JUDI DOMINO

7. Peradangan gusi

Selain kerusakan gigi yang berhubungan dengan asam lambung, peradangan pada gusi juga dapat menjadi tanda penyakit serius lainnya. Menurut studi awal yang dilakukan di Universitas Florida ditemukan bahwa bakteri yang menyebabkan peradangan gusi bertanggung jawab terhadap meningkatnya resiko penyakit jantung. Dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, bila perlu lakukanlah perawatan rutin ke dokter gigi.

Leave a Comment