8 Tips Yang Unik Traveling ke Luar Negeri

Satukliknews – Hal yang sudah muncul ketika membaca kata traveling adalah, jalan-jalan, liburan, mengunjungi tempat yang menarik, dan masih banyak lagi. Tak jarang orang-orang memilih untuk traveling ke luar negeri karena ingin mendapatkan pengalaman baru di negeri orang. Namun, ada kecemasan yang timbul ketika akan traveling ke luar negeri untuk pertama kalinya. Apa saja yang harus dipersiapkan, apa saja yang boleh di bawa dan tidak boleh di bawa? Jangan khawatir! Berikut tips bagi kamu yang mau traveling ke luar negeri.DOMINO ONLINE

Persiapkan Passport dan Identitas Pribadi

Hal pertama yang harus kamu persiapkan itu untuk traveling ke luar negeri adalah paspor. Ya, paspor adalah dokumen wajib yang harus kita miliki jika kita bepergian ke luar negeri. Selain paspor, kita juga harus membawa kartu identitas seperti KTP, atau Kartu Pelajar (bagi yang masih berstatus pelajar). Kartu identitas ini kita bawa sebagai tanda pengenal yang biasanya diperlihatkan kepada petugas imigrasi bersamaan dengan paspor.

Bawalah Pakaian Sesuai Kebutuhan dan Keadaan

Perkirakan dari berapa pakaian yang harus di bawa sesuai dengan kebutuhan selama perjalanan ke luar negeri. Lebih baik jika membawa pakaian lebih, kecuali kalau kamu memang ingin belanja pakaian di luar negeri nanti. Pakaian yang di bawa juga harus disesuaikan dengan keadaan cuaca di negara yang akan kamu tuju. Gak lucu kan kalau kamu nanti di sana salah kostum atau malah jadi ribet sama pakaian sendiri yang akhirnya bikin kamu gak bisa menikmati traveling.

Bawalah Obat-Obatan Pribadi

Karena kamu sudah mau pergi jauh, maka gak ada salahnya untuk membawa obat-obatan yang biasa kamu konsumsi. Karena, kita gak pernah tahu kapan kita akan sakit. Bawalah obat sakit kepala, demam, flu, batuk, vitamin, dan obat-obatan yang mungkin akan kamu perlukan nanti.

BACA JUGA : 6 makanan ekstrim dari korea selatan berani coba

Jangan Membawa Cairan Lebih dari 100ml

Hal seperti ini berlaku untuk kamu yang berangkat tanpa menggunakan bagasi pesawat ya. Peraturan ini berlaku untuk seluruh maskapai penerbangan. Cairan yang boleh kamu bawa ke kabin, maksimal 100ml. Bahkan jika isinya 100ml tapi menggunakan botol yang lebih dari 100ml, maka cairan tersebut akan disita oleh petugas bandara.

Cari Informasi Tentang Negara yang Dituju

Sebelum kalian berangkat, cari tahu dulu informasi tentang negara yang akan kamu tuju. Apa saja peraturan yang berlaku di sana, apa saja tempat yang akan dikunjungi, keadaan cuaca di sana, makanan, fasilitas, dan lain-lain. Hal ini berguna agar kamu tahu bagaimana kondisi negara yang akan kamu kunjungi. Karena, setiap negara memiliki peraturan sendiri. Jangan sampai kamu melanggar peraturan yang mengakibatkan kamu harus membayar denda bahkan bisa saja di deportasi. Cari informasi tentang tempat yang akan kamu kunjungi agar ketika sampai di sana, kamu sudah tahu apa yang akan kamu lakukan.

Siapkan Uang yang Cukup

Jika tujuanmu ke luar negeri untuk belanja, maka bawalah dengan sesuai dengan kebutuhan belanjamu. Tapi, jika tujuanmu untuk mendapatkan pengalaman baru, jalan-jalan, dan dokumentasi saja, maka tidak perlu membawa banyak uang. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki uang cadangan di kartu ATM. Sebelum berangkat, tukarkan uang rupiah kamu ke money changer sesuai mata uang negara tujuan. Cari tahu terlebih dahulu berapa kurs yang ditawarkan. Karena, setiap money changer memiliki kurs yang berbeda. Kenapa menukar uang di Indonesia? Karena, jika menukar uang ketika sampai di luar negeri nanti, terkadang kamu harus membayar biaya administrasi yang cukup mahal, bahkan bisa sampai Rp 200.000 dalam satu kali penarikan.

Jangan Kalap Belanja!

Belanja oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, beli baju, cokelat, souvenir, barang-barang yang sangat unik. Rasanya semua ingin dibeli. Eits, jangan kalap ya! Boleh kok belanja banyak, tapi ingat budget yang kita punya juga ya, dan lihat juga harga yang ditawarkan. Biasanya, harga yang ditawarkan setiap toko berbeda-beda untuk barang yang sama. Jadi, kamu juga harus pintar mencari tempat yang menjual barang murah dan berkualitas supaya gak rugi. Akan lebih baik jika kamu sudah membuat daftar apa saja yang akan kamu beli dan siapa saja yang akan kamu beri oleh-oleh agar kamu tahu berapa uang yang harus dipersiapkan.

Dokumentasikan Apapun Hal yang Kamu Anggap Menarik

Kamu gak pernah tahu kan, kapan kamu bisa ke luar negeri lagi? Jadi, selama kamu di luar negeri nanti, dokumentasikan apapun hal yang kamu anggap menarik sebagai kenang-kenangan. Tapi jangan sampai keasyikan sendiri dan mengganggu orang di sekitarmu ya! Jangan lupa bawa charger!JUDI DOMINO

Nah, itu dia tips untuk kamu yang mau traveling ke luar negeri. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment