9 Aturan Meminum Kopi Yang Harus Kamu Tahu

Satukliknews – Siapa sih yang nggak suka banget sama kopi? Sebagian orang pasti menyukainya. Rasanya yang enak dan nikmat ditambah lagi kopi disinyalir dapat mengurangi kantuk membuat siapapun ingin mengonsumsinya. Tapi, ternyata kopi nggak bisa sembarang dikonsumsi lho. Ada beberapa aturan yang harus diketahui, khususnya untuk kamu para pecinta kopi.

Mau tahu apa saja aturannya? Berikut penjelasannya!

1. Minum kopi terbaik adalah di pagi hari

Waktu anda minum kopi yang tepat adalah di pagi hari. Hal ini dikarenakan kafein dalam kopi akan menstimulasi dan meningkatkan kontraksi dalam usus, sehingga kopi akan membantu memperlancar pencernaanmu.DOMINO ONLINE

Tapi ingat, jangan lupa sarapan dulu ya supaya lambungmu tetap sehat!

2. Tambahkan kayu manis pada kopi

Udah pernah mencoba sensasi minum kopi dengan menambahkan kayu manis? Kalau belum ini patut banget kamu coba.

Menambahkan dengan kayu manis pada kopi bisa menjadi alternatif yang istimewa. Kayu manis bisa memberikan rasa nikmat pada kopimu. Selian itu, rempah ini juga mampu menambah antioksidan pada minuman favoritmu ini.

3. Pilhlah krimer yang lebih sehat untuk campuran kopimu

Memang sih nggak semua orang menyukai kopi yang dicampurkan dengan krimer, karena tidak membahayakan. Tapi buat kamu yang menyukainya, harus tahu bahwa krimer terbaik yang bisa kamu campurkan adalah krimer yang terbuat dari santan kelapa bukan dari sirup jagung. Krimer santan kelapa jauh lebih sehat dan mengandung lemak jenuh sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu.

4. Kopi dan rokok bukanlah kombinasi yang pas

Meminum kopi ini sambil merokok sepertimya sudah mejadi kebiasaan tersendiri bagi pecinta kopi di Indonesia. Tapi pertanyaannya, apakah kombinasi ini baik untuk kesehatan? Nyatanya, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa merokok sambil minum kopi secara bersamaan menghasilkan efek berbahaya bagi tubuh terutama jantung.

Jadi bagi kamu pecinta kopi dan rokok, mulai sekarang harus dikurangi ya.

5. Minumlah kopi kurang dari 200 miligram per hari

Para ahli langsung menyarankan para perempuan agar membatasi asupan kafein yang dikonsumsi. Jumlah terbaik yang dianjurkan adalah kurang dari 200 miligram dalam sehari. Menurut sebuah penelitian, batas maksimal kafein yang dapat ditoleransi oleh tubuh per hari berjumlah 1000 miligram

Fakta dari sebuah studi juga menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi kafein sebanyak 200 miligram atau lebih sehari memiliki dua kali lipat resiko keguguram daripada mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

BACA JUGA : mengapa dan mengapa ini selalu tertuju padamu

6. Hindari minum kopi saat sedang menstruasi

Para perempuan yang terbiasa menikmati kopi, jangan mengonsumsi kopi saat menstruasi ya karena itu akan berpotensi memperparah gejala PMS (Premenstrual Syndrom). Banyak perempuan yang sering mengeluh sakit kepala, nyeri serta kembung. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kafein yang memiliki sifat mengurangi kandungan vitamin B dan proses metabolisme pada tubuh. Dengan kamu mengonsumsi kopi, justru akan memperparah lho. Jadi, buat kamu pecinta kopi yang tengah menstruasi, ganti dulu kopimu dengan air putih ya.

7. Hindari kopi instan

Karena malas banget menakar kopi serta gula akhirnya kopi instan menjadi pilihan yang lebih cepat dan praktis. Memang sih nggak ribet, tapi model kopi instan yang beredar di pasaran kurang baik lho. Terlalu banyak mengandung primer, gula dan campuran lainnya akan berefek kurang baik pada kesehatan tubuh, salah satunya hipertensi.

8. Ibu hamil baiknya berpuasa minum kopi

Buat kamu yang tengah mengandung, anjuran berpuasa minum kopi wajib banget kamu laksanakan lho. Karena, mengonsumsi kopi terlalu banyak selama beberapa hari saat hamil akan beresiko melahirkan bayi prematur.

Seperti yang didapatkan sebuah studi yang dilakukan di Norwegia, satu dari sepuluh wanita dalam penelitian melahirkan bayi prematur meningkat 20 hingga 60 persen lebih tinggi dibandingkan kelompok yang mengonsumsi sedikit kafein.

9. Penderita osteoporosis dilarang meminum tiga cangkir kopi sehari

Kafein yang berpotensi membuat tulang keropos dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, untuk menghindari resiko osteoporosis, sebaiknya jangan minum kopi tiga cangkir kopi dalam sehari atau lebih.JUDI DOMINO

Sekarang sudah tahu kan cara mengonsumsi kopi yang baik? Jangan sampai salah lagi ya supaya kesehatanmu tetap terjaga!

Leave a Comment