9 Manfaat Ajaib Pisang Untuk Kesehatan Wajib Diketahui

Satukliknews – Tahukah anda kalau pisang merupakan salah satu makanan super yang membantu menurunkan berat badan. Pisang merupakan salah satu buah yang paling diminati di dunia dengan beragam manfaat kesehatan.

Pisang mengandung potassium, serat, magnesium, vitamin B6 dan vitamin C. Menurut Women’s Health Magazine, kandungan gula yang terdapat dalam pisang justru dibutuhkan oleh tubuh, tidak seperti gula pasir yang sudah diproses, gula yang terkandung dalam pisang juga bersandingan dengan kandungan vitamin dan mineral didalamnya. Selain itu, pisang juga kaya akan serat yang bisa memperlambat sistem saat tubuh mecerna gula. Pisang juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan radikal bebas ditubuh.DOMINO ONLINE

1. Dapat meningkatkan bahan bakar pada otot, bila anda aktif dan berolahraga, pisang merupakan pilihan yang bagus dan efektif untuk memberi bahan bakar otot, karena didalam pisang mengandung magnesium untuk membantu kontraksi otot, relaksasi, dan sintesis protein.

2. Menyembuhkan mabuk, mineral yang hilang saat minum alkohol memberi kontribusi pada dehidrasi karena mabuk, dengan makan pisang dapat menyembuhkan mabuk karena didalam pisang terdapat kalium.

3. Membantu diet, pisang yang banyak mengandung pati tahan, sejenis karbohidrat yang membuat kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, serta kaya akan pectin yang dapat mendetoksifikasi tubuh dengan membuang racun dari tubuh yang membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

4. Mengurangi diabetes, pisang memiliki jenis pati resisten di dalamnya yang membantu memperbaiki kondisi seseorang dengan tipe diabetes militus 2. Perlu dicatat, pisang hijau mengadung lebih banyak zat ini, pisang hijau dengan ukuran rata-rata memiliki 12.5 gram pati di dalamnya, sementara yanh masak hanya mengandung sekitar 5 gram.

5. Bagus untuk mengatasi depresi, pisang membantu mengatasi depresi, karena triptofan tingkat tinggi yang diubah menjadi serotonin yang membantu dalam memperbaiki mood.

BACA JUGA : 4 hal yang dilihat calon pasangan ketika melamar

6.Meningkatkan penglihatan, pisang mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan juga mengandung lutein yang berguna untuk kesehatan mata.

7. Mengurangi perut yang kembung, perut kembung biasa terjadi pada semua orang. Pisang dapat melawan tekanan gas dan air diperut yang akan membantu mengurangi kembung.

8. Membantu mengobati pencernaan dan menyehatkan lambung, jika anda merasa tidak nyaman karena sensasi terbakar da saluran pencernaan, cobalah makan pisang, karena pisang mudah dicerna dan dianggap tidak mengiritasi perut. Pisang juga dianjurkan untuk mereka yang memiliki penyakit maag, karena pisang mengandung enzim khusus yang dapat meningkatkan sekresi lendir yang melindungi dinding perut.

9. Membantu menurunkan semua tekanan darah, pisang mengandung potasium tinggi dan sodium rendah, yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap serangan jantung dan stroke.

Lalu berapa pisang yang harus dikonsumsi dalam sehari ?

Dilansir dari BBC, orang dewasa seharusnya mengkonsumsi 3.500 mg potasium per hari,sementara 1 pisang dengan berat 125 gram biasanya mengandung 450 mg potasium. Meskipun begitu anda tidak perlu mengkonsumsi 7 pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan potasiummu, karena anda bisa mendapatkan potasium dari makann yang lain juga.

Selain itu, orang yang memiliki penyakit ginjal tidak boleh terlalu banyak makan pisang, karena ginjal yang rusak tidak bisa mengolah potassium tersebut, sehingga akan membahayakan keselamatannya.JUDI DOMINO

Leave a Comment