Alasan Dibalik Penting Untuk Tidur Siang

Satukliknews – Tidur siang tidak hanya identik dengan orang-orang yang malas, tetapi tidur siang juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam kehidupan, seperti melepas lelah. Selain melepaskan lelah disela-sela pekerjaan dan rutinitas di siang hari, tidur siang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Karena manfaatnya yang banyak, tidur siang menjadi daftar kegiatan yang penting dilakukan. Berikut beberapa alasan dibalik pentingnya tidur siang:DOMINO ONLINE

Menjaga kulit tetap cerah

Manfaat dari tidur siang untuk menjaga kulit tetap cerah pernah diteliti oleh Karolinska Institute, Swedia, kemudian dipublikasikan pada British Medical Journal. Disebutkan, orang yang tidak tidur siang wajahnya akan terlihat lelah dan kurang sehat atau bahkan dapat menimbulkan stres. Ketika lelah dan stres dibiarkan cukup lama maka sel-sel kulit mati akan menghalangi kecerahan kulit. Kulit semacam ini akan terlihat lebih kusam dan kusut sehingga dapat mengurangi kecerahan kulit. Tidak hanya sampai disitu, masalah kulit wajah lainnya akan muncul seperti timbulnya jerawat akibat stres dan munculnya keriput akibat kekurangan kolagen pada kulit juga dapat terjadi. Bahkan masalah yang paling serius adalah dapat mempengaruhi sistem kerja imun.

BACA JUGA : ingin gemuk tapi susah? ikuti lima tips ini

Dengan tidur siang, tubuh akan menyeimbangkan sistem hormon dalam tubuh sehingga sistem imun dapat untuk berjalan dengan baik. Gangguan-gangguan pada wajah di atas dapat diatasi hanya dengan melakukan tidur siang kurang dari satu jam. Karena pada saat tidur siang, tubuh akan memproduksi hormon-hormon tertentu yang dibutuhkan untuk melawan hormon jahat akibat stres dan kelelahan.

Meningkatkan kecerdasan

Sama halnya dengan tidur malam, tidur siang juga memberikan efek yang positif bagi ingatan kita. Karena tidur siang dapat memaksimalkan kinerja otak sehingga dapat menerima informasi lebih banyak lagi. Saat seseorang tidur siang, maka kenangan disimpan sementara waktu di hippocampus otak lalu kemudian dikirim ke daerah yang dikenal sebagai korteks prefrontal. Itulah mengapa setelah tidur siang otak memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar untuk menerima informasi baru. Selain itu, hal menarik lainnya dari tidur siang terhadap kinerja otak yaitu dapat meningkatkan daya paham dari informasi yang diterima. Ini disebabkan oleh meningkatnya lonjakan-lonjakan arus listrik sebagai tanda bahwa memori yang dipindahkan ke bagian prefrontal berlangsung sangat cepat.

Efektif menurunkan tekanan darah

Sebagian orang juga sudah memilih untuk menghindari tidur siang karena dianggap menyita waktu pada jam sibuk. Padahal, ketika jam sibuk berlangsung sebenarnya tekanan darah sedang naik. Semakin banyak beban pekerjaan yang harus diselesaikan maka semakin tinggi tekanan darah karena darah perlu mengalirkan oksigen lebih banyak lagi untuk otak. Keadaan yang seperti ini jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit yang serius akibat naiknya tekanan darah tinggi seperti stroke atau bahkan penyakit jantung.

Otak kita layaknya sebuah mesin, jika bekerja terus-menerus tanpa istirahat maka akan cepat mengalami kerusakan. Oleh karenanya, otak juga butuh istirahat siang atau tidur siang untuk menurunkan tekanan darah.

Mencegah penyakit jantung

Begitu ganasnya semua penyakit jantung, semua orang berlomba-lomba untuk menjauhinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan tidur siang setiap hari. Manfaat tidur siang untuk kesehatan jantung pernah dibahas dalam jurnal Archives of Internal Medicine. Jurnal ini mengungkapkan bahwa setengah jam tidur siang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah dari bahaya penyakit kardiovaskuler. Penelitian itu juga menyebutkan bahwa setiap pekerja yang meluangkan waktu untuk tidur siang, tidak peduli berapa lama waktu tidur siang mereka, ternyata memiliki 64% risiko lebih kecil terhadap penyakit jantung dibanding orang yang tidak melakukannya sama sekali.JUDI DOMINO

Walaupun tidur siang sangat bermanfaat bagi tubuh, perlu diperhatikan bahwa belum ada penelitian yang dapat menunjukan berapa intensitas yang aman dan yang tidak. Sebaiknya tidur siang dilakukan pada batas kewajaran atau secukupnya sekitar 15 menit sampai 1 jam saja. Hal ini untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti dapat memicu penyakit tertentu. Bukankah seseuatu yang berlebihan itu tidak baik?

Leave a Comment