Bahaya Sekali Gadget Untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa

Satukliknews – Saat ini zaman yang sudah sangat jauh berbeda dengan era 90an. Hampir semua orang di muka bumi ini memiliki smart phone atau gadget. Mulai dari orang dewasa bahkan anak-anak. Namun dibalik itu. DOMINO ONLINE

gadget memiliki dampak negatif bukan hanya untuk jiwa namun juga fisik dari tingkat yang ringan hingga yang berat. Berikut ulasan tantang bahaya gadget:

1. Earworm

Earworm itu merupakan potongan lagu atau musik yang terngiang-ngiang secara berulang pada pendengaran seseorang padahal saat itu tidak ada suara musik apapun. Mengapa berkaitan dengan gadget? Karena gadget memudahkan kita mendengar musik dimana saja bahkan di kamar mandi. Tentu saja hal ini menjadi salah satu penyebab earworm. Selain itu terlalu lama melakukan panggilan dapat menyebabkan tinnitus telinga atau telinga berdengung.

2. Textaphrenia

Gejala yang seperti ini ditandai dengan seseorang seperti mendengar ringtone pesan masuk atau panggilan telepon berbunyi padahal tidak ada sama sekali. Hal ini membuat kita terlampau sering mengechek handphone yang tentunya dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

3. Nomophobia

Secara umum ada seseorang akan merasa janggal jika tidak membawa handphone. Namun jika perasaan tersebut berlebihan dan menimbulkan ketakutan itu sudah termasuk gangguan jiwa.

4. Insomnia

Gangguan yang paling umum itu juga muncul karena gadget adalah insomnia atau sulit tidur. Penggunaan smartphone yang mengasyikan membuat seseorang terus terjaga dan alhasil mengalami insomnia yang berdampak buruk pada kesehatan fisik. Bukan hanya itu hal ini menyebabkan seseorang menjadi kurang produktif karena lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget

5. Gaming Disorder

Bermain game itu memang sangat menghibur. Akan tetapi jika seseorang berlebihan bermain game dalam frekuensi, waktu, dan intensitas dapat dikategorikan dalam gaming disorder. Hal ini sangat berbahaya khususnya anak-anak karena dapat menyebabkan mereka menjadi malas belajar, anti-sosial, dan memiliki gangguan emosi. Selain itu kecanduan gadget dapat menyebabkan penyakit fisik. Tak jarang anak-anak menjadi lupa makan, lupa tidur, bahkan menahan buang air kecil karena terlalu asyik bermain game yang tentunya berdampak pada kesehatan mereka.

6. Depresi

Smartphone itu ada syarat dengan sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram. Kedengarannya sederhana namun semua itu dapat menyebabkan depresi. Seseorang yang terlalu terobsesi untuk menjadi sempurna dalam sosial media akan merasa depresi jika tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya seseorang ingin mendapat like yang banyak setelah mem-posting status, foto, atau video akan merasa gelisah. Belum lagi jika terdapat komentar yang nyinyir dari pengikutnya tentu dapat membuat seseorang depresi.

BACA JUGA : Kamu akan tahu artinya dicintai setelah merasakan disakiti

7. Sakit Kepala

Pada saat asyik bermain gadget sering seseorang tidak memperhatikan postur tubuh dan posisi  leher, dan terlalu lama menatap layar. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan otot tegang dan menimbulkan gangguan fisik seperti sakit kepala.

8. Gangguan Penglihatan

Menatap layar handphone terlalu lama dapat menyebabkan otot mata tegang dan menyebabkan pandangan kabur, mata kering dan bahkan rabun pada usia dini.

9.Stroke

Kecanduan gadget menyebabkan terbatasnya aktifitas fisik seseorang sehingga dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah ke jantung. Apalagi jika disertai dengan kebiasaan ngemil. Tentunya dapat menyebabkan obesitas yang membuat rentan terserang stroke.

10. Kelainan Postur Tubuh

Ada yang mengatakan bahwa generasi millenial merupakan generasi menunduk. Karena orang yang asyik bermain gadget kadang-kadang tidak memperhatikan postur tubuh mereka dan menyebabkan kelainan postur tubuh. Tentunya menunduk bukanlah postur yang ideal ya?

11. Mengendurkan Rahang

Orang yang asyik bermain gadget dengan menunduk dapat membuat kulit pada rahang dan dagu terlipat. Hal ini menyebabkan rahang menjadi kendur dan terlihat tua dari usia sebenarnya. Wah perhatikan posisi anda saat bermain gadget supaya tetap awet muda.

12. Penyakit pada jari dan lengan

Kita bisa bayangkan jika terlalu lama bermain gadget akan membebani ibu jari dan lengan. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan ibu jari seperti arthritis, Carpal Tunnel Syndrom atau nyeri pada ibu jari, dan Cubital Tunnel Syndrom atau kesemutan pada area tangan hingga lengan disebabkan karena terlalu lama menggunakan gadget.

13. Jerawat dan Biang Keringat

Percaya atau tidak gadget dapat menyebabkan jerawat dan biang keringat. Penyakit ini umumnya muncul pada orang yang terlalu lama menggunakan panggilan telephone. Sumber panas yang disebabkan oleh gadget sedikit banyak berperan dalam pembentukan jerawat dan biang keringat.

Jadilah pengguna smartphone yang smart. Jangan sampai kesehatan jiwa dan fisik kita terganggu karena tidak bijak dalam memanfaatkan teknologi. Batasi pemakaian gadget dan dahulukan kesehatan.JUDI DOMINO

Leave a Comment