Cara Gampang Mengobati Anak Dari Kebiasaan Ngompol

Satukliknews – Mengompol ini merupakan suatu kejadian dimana seseorang kencing tanpa disadarinya atau kencing ketika tidur. Istilah medis dalam keadaan ini yaitu nocturnal enuresis. Biasanya yang mengalami kondisi seperti ini anak usia 1 sampai 5 Tahun, hal ini disebabkan sistem pembuangan kemih masih dalam tahap penyempurnaan dan itu masih wajar. Namun hal ini akan berbeda jika anak anda mengompol terus dan usia mereka sudah menginjak usia sekolah atau sekitar 7 tahun keatas. Ini sungguh akan membuat anda kesal dan amarah menjadi-jadi, terutama kaum ibu yang selalu direpotkan membersikan ngompol anak, apalagi jika kejadian ngompol hampir setiap hari. Sebenarnya kita tidak boleh menyalahkan anak sepenuhnya akan kebiasaan ini, karena ada beberapa faktor yang perlu anda ketahui sebagai pemicu anak ngompol.DOMINO ONLINE

faktor dari semua keturunan, jika anda dan suami sewaktu kecil memiliki riwayat sering mengompol, otomatis anak anda juga mewarisi kebiasaan anda, jadi jangan salahkan anak jika mereka juga sering mengompol.

Produksi dengan air kemih. volume air kemih yang diproduksi pada malam hari cukup banyak, apalagi jika sebelum tidur anak anda meminum cukup banyak air.

Psikologis, anak yang biasa sering sekali mengompol yaitu anak yang merasa takut saat kekamar mandi, biasanya hal ini disebabkan karena saudara atau teman-teman yang sering menakut-nakuti mereka bahwa ada hantu di kamar manti, atau bisa juga karena anak anda sedang mencari perhatian, hal ini terjadi bagi mereka yang punyak adik kecil dan merasa orang tua mereka lebih sayang dengan adiknya, daripada dirinya.

Tidur terlalu nyenyak dan mimpi, anak yang sudah tidur terlalu nyenyak mereka akan sulit dibangunkan jika ini dibiarkan, maka tanpa disadari mereka akan kencing di kasur, dan ketika anda bertanya “kenapa adek kencing dikasur?, maka sebagian dari mereka akan menjawab. “Tadi adek mimpi kencing di kamar mandi”. Lantas kalau sudah begini apakah anda tega memarahi darah daging anda. Tentu jawabannya tidak bukan, apalagi jika mereka menjawab dengan mimik jawah yang ketakutan.

Dari pada anda bingung, berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengobati kebiasaan anak anda yang sering mengompol.

Biasakan anak minum air 30 menit sebelum tidar, dan buang air kecil sebelum tidur. Ketika anak anda mau minum lagi, jangan biarkan, dan berikan pengertian kepada anak anda bahwa jika dia sering minum nanti dia bisa ngompol. Jika anak anda tetap memaksa dan menangis, anda cukup memberika 1/4 gelas dari ukuran yang biasa anak anda minum.

BACA JUGA : heboh artis ressa rere jual cincin pernikahan

Buang saja dengan air kecil di tengah malam, bisa jadi salah satu alternatif agar anak anda tidak mengompol, biasanya di tengah malam kandung air kemih sudah terisi penuh, dan di saat itulah anak anda harus buang air kecil. Anda bisa membangunkan anak anda untuk buang air kecil di kamar mandi, namun jika dia tetap tidak bangun, anda tinggal menggendong anak anda ke kamar mandi dan menyuruhnya untuk buang air kecil.

Memberikan lebih banyak pengertian kepada anak bahwa dia sudah besar, dan tidak seharusnya ngompol, dan tumbuhkan keberanian pada anak bahwa di kamar mandi tidak ada hantu.

Jangan biasakan anak untuk memakai popok di usia 3 tahun keatas, hal ini jika dibiarkan anak anda akan menjadi terbiasa untuk buang air kecil di kasur.

Ikut dan sertakan anak ketika anda sedang membersihkan ompolannya, jadi biar anak anda juga tahu bagaimana repotnya anda mengurus ngompolnya dia, tapi ingat jangan sampai anda memarahi anak anda, alih-alih mau memberikan pengertian, yang terjadi malah sebaliknya dia akan semakin membuat anda jengkel dengan buang air kecil setiap malam, apalagi jika anak anda tipekal yang bandel.

Obat yang sangat alternatif, salah satu obat alternatif yang bisa anda coba untuk mengobati anak anda yaitu dengan mengkonsumsi buah duwet. Buah yang berbentuk lonjong dan berwarna ungu kehitam-hitaman ini dipercaya dapat mengobati kebiasaan ngompol pada anak, ketika sedang musim buah duwet, sangat dianjurkan bagi anak anda untuk mengkonsumsi buah ini. Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah, anda hanya cukup memilih buah duwet yang sudah matang dan mencampurnya dengan sedikit garam.JUDI DOMINO

Leave a Comment