Cara Menghibur Diri Sendiri

Satukliknews – Setiap manusia yang ada di dunia ini pasti mempunyai kegundahan, stress, pikiran tidak tenang dan lain sebagainya. Ini merupakan hal yang sangat wajar. Namun, jangan sampai terus berlarut, karena bisa membahayakan mental. Oleh karena itu, sebuah hiburan tentu sangat dibutuhkan jika keadaan ini terjadi pada diri anda.DOMINO ONLINE

Dalam menghibur diri pun, cobalah anda berusaha untuk tidak mengganggu hati orang lain. Memang sih, di dunia ini tidak ada alat maupun manusia yang mampu mendeteksi bagaimana isi hati seseorang. Dari raut wajah seseorang, kita bisa melihat ekspresinya ketika kita menghibur ataupun mencandainya. Wajahnya terlihat biasa-biasa saja, bahkan tersenyum dengan terpaksa. Namun, di balik itu semua apakah kita bahwa di dalam hatinya, ternyata penuh dengan kutukan terhadap orang yang mencandainya.

Mencari banyak hiburan dengan bercanda tentu tidak dilarang. Tetapi yang harus diingat, bercandai harus sesuai tuntunan syariat. Bercandalah yang sesuai seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Candaan beliau dapat memberikan hiburan kepada siapapun dan tidak pernah sampai ada hati orang lain yang tersakiti.

BACA JUGA : 4 posisi tidur yang tebaik dan sehat

Ada 3 hal yang dapat mempengaruhi hati dan menjadikan hati itu mudah tertutup, yaitu

Banyak bicara.

Banyak tertawa.

Banyak makan.

Tiga perkara tersebut saja sudah sangat memberikan pengaruh pada hati. Jika hati sudah tertutup maka tentu akan sangat membahayakan. Pada dasarnya kita mengetahui sesuatu yang halal dan haram dan mengetahui cara membedakan keduanya. Akan tetapi jika hati sudah tertutup, dan barang sudah ada di tangan, maka kita tidak akan mampu lagi untuk mendeteksi apakah barang itu halal ataupun haram.

Apalagi kalau sampai terlalu banyak bicara, sehingga mengucapkan sesuatu yang tidak nyata, dan tampaknya pun tidak akan menyakiti hati orang. Namun, hal tersebut adalah perbuatan yang sia-sia. Dan setiap perbuatan yang sia-sia adalah perbuatan setan. Berarti kita sudah dipermainkan oleh setan.

Bagaimana setan memperdayai kita ?

Pertama-tama kalau setan akan berusaha mencegah orang yang hendak melakukan sesuatu yang wajib, bila ia tidak mampu maka dia akan mengelabui orang tidak berbuat yang sunnah, bila tidak berhasil, maka dia akan mengelabui orang agar berbuat yang mubah saja, intinya bila tak mampu membuat orang berdosa, dia akan tetap berusaha agar orang tidak menambah amal kebajikannya.

Nah, apalagi kita yang sering menunjukkan ucapan ataupun sikap yang sia-sia belaka. Yang lebih parahnya lagi, kita mengetahui hal itu sia-sia, kita sangat memiliki kecukupan ilmu untuk hal yang demikian. Karena sikap kita yang demikian ilmu tersebut menjadi tidak berkah dan tidak bisa memberikan manfaat bagi dirinya dan bagi orang lain.

Karena kalau akhlak dan adab yang menjadi patokan khusus bahwa seseorang itu mempunyai ilmu. Semakin bagus akhlaknya, semakin tinggi ilmu seseorang. Semakin bejat akhlaknya, semakin rendah ilmunya, sekalipun dia pintar dalam segala hal. Begitu pun dalam urusan menghibur diri. Tunjukkanlah bahwa anda orang yang berilmu dan beradab. Bercandalah dengan ilmu dan mengedepankan etika dalam pergaulan. Jagalah sebaik-baiknya lisan sebelum melontarkan kata-kata darinya.

Intinya, jika hendak menghibur diri, jauhkanlah dari semua perkataan yang berlebihan. Yang berlebihan saja harus dihindari, apalagi yang sia-sia. Perkataan yang sia-sia saja harus dihindari, apalagi yang dapat menyakiti hati orang. Bila kita tidak mampu mendeteksi hati orang lain, utamakanlah untuk menjaga diri sendiri. Setidaknya, bila kita tidak mampu mengajari teman kita untuk bersabar, usahakanlah jangan sampai diri kita yang menjadi prajurit iblis. Dikarenakan sikap kita akan membuat orang lain didatangi dan digoda oleh setan. Hal inilah yang menjadi dasar timbul rasa marah dan permusuhan,  bahkan sampai terjadi pembunuhan.JUDI DOMINO

Wallahu A’lam Bishshawwab

Semoga Bermanfaat !

Leave a Comment