Cara Paling Ampuh Bersihkan Paru-Parumu Akibat Rokok

Satukliknews – Kamu perokok yang sangat aktif atau ada saudara, temanmu yang perokok dan apakah paru-paru perokok bisa sembuh kembali setelah berhenti merokok? Menurut Dr. Norman Edelman, seorang penasihat ilmiah senior di American Lung Association dan spesialis pengobatan paru mengatakan bahwa seseorang yang telah berhenti merokok, paru-paru bisa sembuh hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.DOMINO ONLINE

Alasan mengapa sih pernapasan seorang mantan perokok bisa sehat kembali adalah karena peradangan yang terjadi pada lapisan udara yang berkurang sarin sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena lapisan itu tidak lagi terpapar oleh zat iritasi asap. Dan kondisi ini dapat mengurangi pembengkakan, sehingga akan menciptakan banyak ruang untuk udara yang masuk melalui lorong paru-paru. Orang yang telah berhenti merokok mungkin akan batuk lebih sering selama beberapa minggu setelahnya dibandingkan pada saat masih merokok.

“Tapi itu merupakan salah satu pertanda yang bagus. Hal tersebut berarti silia paru-paru telah aktif kembali, dan rambut halus ini sekarang bisa memindahkan sekresi lendir berlebih dari paru-paru ke saluran udara dan menuju tenggorokan. Karena hal tersebutlah mereka lebih sering batuk” ujar Edelman.

BACA JUGA : yuk coba obat batuk yang alami

” Batuk-batuk tersebut adalah proses dari pembersihan kerak yang ada di paru-paru,” tambah Edelman.

Bercak-bercak dari semua kerusakan dalam paru-paru memang banyak ditemui pada paru-paru mantan perokok ataupun seorang perokok pasif. Berikut 5 cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan paru-paru:

Usahakan kondisi udara lingkungan yang baik dengan cara:

Sebaiknya jauhkan diri Anda dari perokok maupun polutan udara lainnya

Usahakan kondisi rumah tetap bersih. Jika memakai karpet, bersihkan secara rutin dan jemur di bawah sinar matahari.

Menanam tanaman hijau atau dalam pot agar bisa menyerap karbondioksida dan polutan lain.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Kurangi saja makanan yang bisa menyebabkan produksi dahak bertambah seperti olahan daging, makanan siap saji, makanan beku, dairy products seperti yogurt, keju dan susu.

Merokok akan membuat darah Anda lebih cenderung asam. Untuk dapat menetralkannya kembali, maka diperlukan makanan seperti apel, pisang, semangka, jeruk, kayu manis sayuran hijau dan umbi-umbian.

Mengonsumsi dengan makanan yang megandung antioksidan yang tinggi seperti anggur, berries, brokoli, bayam, ubi manis, teh hijau, dan ikan

Olahraga

Lakukan saja dengan aktivitas ringan 5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit, Anda bisa melakukan aktivitas rumah tangga, berjalan, atau berenang.

Lakuakan aktivitas fisik yang lebih berat 3 kali dalam seminggu dengan durasi 25 menit, seperti jogging, menari, bersepeda, bola, basket atau futsal

Konsumsi satu sendok makan madu setiap harinya, bisa mengurangi batuk. Madu mengandung antiseptik dan antikuman alami yang bisa membantu memperbaiki jaringan yang rusak.

Pakailah balsam atau menthol pada dada dan punggung untuk melemaskan oto-otot pernapasan.

Aromaterapi yang mengandung eucalyplus (minyak kayu putih) juga bisa mengurangi dahak dan mampu melegakan pernapasan.

Bila Anda sudah berhenti merokok sudah lama, pasti banyak yang mencari cara agar paru-paru bersih kembali. Cara yang harus dilakukan yaitu meninggalkan kebiasaan buruk dan melakukan detoks paru dengan rutin. Hal tersebut bertujuan memulihkan paru-paru dan membersihkan paru-paru dari zat kimia yang tersisa.JUDI DOMINO

Nah, itulah beberpa tips untuk membersihkan paru-paru bagi mantan perokok. Semoga bermnafaat ya.

Leave a Comment