Cara Terakhir Yang Bisa Kulakukan Untuk Mencintaimu

Satukliknews – Selepas dari perpisahan yang memerihkan hati itu, aku mulai terbiasa hidup tanpa kehadiranmu. Aku mulai menjalani hari dengan kebiasaanku sebelum mengenalmu. Hidupku berjalan dengan cara-cara yang wajar. Hanya satu kebiasaanku yang juga merupakan kebiasaan baruku selepas kepergianmu: mencari tahu kabar terbarumu. Orang-orang di sekelilingku mengatakan bahwa kebiasaanku ini tidak seharusnya kujadikan rutinitas. Kata mereka, aku ini bodoh karena terus menerus mengingatmu. Aku ini bodoh karena terus menerus mencari tahu kabar seseorang yang telah menyakitiku dengan amat parah. Mereka tidak sepakat dengan kebiasaanku untuk mencari tahu kabarmu. Karena kabarmu hanya akan semakin menyakitiku. Begitulah kata mereka.

Aku tidak pernah bisa menyalahkan pendapat mereka, karena mereka berpendapat seperti itu juga karena mereka peduli padaku. Dan aku tahu kepedulian itu sangat tulus, walaupun apa yang mereka katakan mengenai dirimu sering kali muncul dalam bentuk lelucon. Aku tidak marah. Tidak juga memaki. Aku justru ikut tertawa dengan mereka, karena aku paham bahwa kau adalah masa lalu yang hanya bisa dikenang, kadang ditertawakan, bukan masa lalu yang perlu diratapi dan dicaci maki. Biarlah mereka stagnan dengan pola pikir mereka mengenai dirimu. Dan biarlah aku juga stagnan dengan pola pikirku mengenai dirimu. Karena mereka tidak benar-benar mengenal dirimu. Aku lah yang benar-benar mengenalmu, bukan mereka.

BACA JUGA : 9 manfaat kopi untuk kesehatan

Dan aku yakin, keputusanmu untuk pergi dariku adalah keputusan terbaik yang memang kita butuhkan untuk bisa saling memberi bahagia. Dan aku juga tahu bahwa bukan hanya aku yang terluka dengan perpisahan ini. Tapi kau juga merasakan luka yang sama. Dan bagiku, dua orang yang saling terluka adalah mereka yang akan sulit untuk saling melupa. Bukan tidak mungkin bahwa kau di sana juga melakukan hal yang sama: suka mencari tahu kabar mengenai diriku

Bukankah setiap orang sudah punya cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa cintanya? Ada orang yang memperjuangkan cinta. Ada orang yang memendam rasa. Ada orang yang memenjarakan dan mengekang pasangannya. Ada yang lebih suka diam di hadapan seseorang yang ia cintai hanya untuk mengamatinya lebih lama. Ada yang suka menceritakan mengenai pasangannya kepada orang lain. Dan ada pula yang lebih memilih pergi demi kebahagiaan seseorang yang ia cintai. Sesunyi apapun caranya, semua itu adalah cara untuk mencintai seseorang. Bukan begitu?

Dan inilah satu-satunya cara yang bisa kulakukan untuk tetap mencintamu. Mengetahui kabarmu dan memastikan bahwa kau baik-baik saja adalah cara terakhir yang bisa kulakukan untuk mencintamu. Adalah cara terakhir yang bisa kulakukan untuk memelukmu dari jauh tanpa perlu menyakiti hatimu semakin dalam. Tanpa perlu kau tahu bahwa aku masih mencintaimu. Dan aku bahagia ketika bisa melihat hidupmu berjalan sebagaimana mestinya. Aku merasa tenang ketika kau sudah bisa tersenyum di hadapan teman-temanmu. Aku merasa damai ketika pada akhirnya kau bisa melanjutkan hidupmu tanpaku –sebagaimana aku kini melanjutkan hidupku tanpamu.

Leave a Comment