Diabetes Mellitus? Waspadai Gejalanya Sejak Dini!

Satukliknews – Tahukah Anda kalau mengenai penyakit diabetes mellitus? Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit yang berkembang pesat saat ini dan pada tahun 2040 diprediksi mencapai jumlah penderita hingga 2x lipat dari sekarang. Afrika, Amerika Latin, dan Amerika merupakan daerah dengan penderita DM terbanyak saat ini. Di daerah Asia, Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan penyakit DM yang tinggi.

DM adalah penyakit yang sudah ditandai dengan kondisi hiperglikemia, yaitu kadar glukosa yang berlebih dalam darah. Kondisi ini disebabkan oleh rusaknya sel beta pada hati sehingga pankreas tidak mampu menghasilkan insulin, hormon yang berperan dalam pengaturan gula darah. Terdapat tiga jenis DM yaitu tipe 1 (T1DM), tipe 2 (T2DM), dan gestasional. T1DM disebabkan oleh rusaknya sel hati sehingga tidak mampu menghasilkan insulin, T2DM disebabkan rusaknya reseptor insulin pada sel tubuh sehingga insulin menjadi inaktif, dan DM gestasional disebabkan oleh ketidakstabilan kadar hormon dalam tubuh. Penderita T1DM umumnya adalah anak-anak karena seringkali T1DM diturunkan oleh orang tua secara genetik. Penderita T2DM kebanyakan adalah orang dewasa yang memiliki pola hidup tidak sehat seperti merokok, obesitas, dan pola tidur tak teratur. DM gestasional diderita oleh ibu hamil, yang bahkan tidak memiliki riwayat DM sebelumnya. Hal ini dikarenakan saat kehamilan seringkali kadar hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Jika tidak ditangani dengan baik, DM dapat menyebabkan penumpukan gula di berbagai organ tubuh dan menyebabkan komplikasi. Jenis komplikasi yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal dan amputasi pada anggota tubuh.DOMINO ONLINE

BACA JUGA : Gigi dan mulut bermasalah? ini solusinya

JUDI DOMINO – Sebelum terlambat, mari kita langsung saja mengenali dan atasi gejala DM. Gejala DM dapat antara lain berat badan yang berkurang drastis, poliuria (sering buang air kecil), polifagia (sering lapar), polidipsia (sering kehausan), pandangan kabur, dan sering merasa lemas. Jika Anda mulai mengalami gejala ini, ada baiknya Anda segera memulai hidup sehat dan berkonsultasi dengan dokter. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan antara lain dengan berolahraga secara teratur, diet gula (mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis), pola tidur teratur, tidak merokok, dan rutin melakukan medical check up.

Leave a Comment