Inilah 5 Alasan Kenapa Kesepian Gak Baik Buat Kita

Satukliknews – Pada era teknologi dan sosial media yang kini sudah semakin meningkat, kita mengalami lebih sedikit interaksi antar manusia. Kelihatannya seperti kita lebih terhubung antar satu sama lain, meskipun kenyataannya tidak secara riil. Hubungan fisik langsung tetap lah menjadi cara terbaik bagi kita untuk terhubung. Kesepian saat ini tak hanya menjangkit orang tua, namun juga anak-anak muda. Kesepian memiliki dampak yang tidak baik terhadap diri kita. Berikut 5 alasan yang menjelaskannya.DOMINO ONLINE

1. Kesepian Memperburuk Keadaan Kesehatan

Menurut dari sebuah studi, orang-orang yang kesepian mengaktivasi lebih banyak virus pada sistem tubuh mereka dibandingkan orang-orang yang terhubung. Kesepian dan isolasi sosial juga diasosiasikan dengan meningkatnya tekanan darah, depresi, dan level kolesterol yang lebih tinggi. Riset lain mengutarakan isolasi sosial dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung 3,5 kali lipat dibandingkan mereka yang kebutuhan sosialnya terpenuhi.

2. Kesepian Menurunkan Fungsi Otak

Kesepian juga membuat otak kita bekerja dengan cara berbeda. Orang-orang yang kesepian lebih waspada terhadap ancaman dan kemungkinan bahaya dari orang yang tak dikenal. Dalam penelitian lain juga disebutkan ketika kita merasa terisolasi secara sosial, sistem saraf kita secara otomatis berubah dan membuat kita lebih defensif meskipun tak ada ancaman. Mereka yang kesepian juga mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat. Selain itu, menurut riset Rush Alzheimer’s Disease Center di Chicago, kesepian juga meningkatkan kemungkinan berkembangnya dementia dua kali lipat. Dementia berhubungan dengan Alzheimer pada hari tua.

3. Kesepian Berhubungan Erat dengan Kesehatan Mental

Memiliki banyak masalah kesehatan mental meningkatkan kemungkinan kita merasa kesepian. Sebaliknya, merasa kesepian dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental kita. Kesepian dapat mengakibatkan depresi, kecemasan sosial, dan adiksi. Pada akhirnya, kesepian dan masalah kesehatan mental akan menciptakan siklus yang dapat memperburuk keadaan.

4. Kesepian Membuat Kita Kehilangan Kesempatan

Orang-orang yang begitu kesepian cenderung menarik diri dari interaksi sosial. Padahal perkumpulan sosial menawarkan berbagai informasi yang dapat dimanfaatkan, terutama info tentang lingkungan sekitar. Selain itu kesempatan untuk menciptakan momen dan mempererat hubungan dengan kolega juga menjadi hilang. Padahal bisa jadi suatu hari nanti kita membutuhkan pertolongan mereka.

5. Kesepian Menghambat Perkembangan Pribadi Kita

Kita hidup sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antar satu dengan yang lainnya. Hal ini sudah menjadi kodrat kita. Pekerjaan yang ada di dunia hari ini pun kebanyakan membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Ketika kita merasa kesepian atau terisolasi secara sosial, kemampuan kita dalam menjalin hubungan dan saling mengerti antar satu dengan yang lain akan terhambat. Selain itu ada banyak ilmu yang dapat kita ambil dari orang lain.

BACA JUGA : 3 kopi mahal ini dari kotoran hewan

Ternyata memang kesepian memiliki dampak buruk terhadap diri kita. Kesepian memperburuk keadaan kesehatan, menurunkan fungsi otak, mempengaruhi kesehatan mental, membuat kita kehilangan kesempatan, dan menghambat perkembangan pribadi. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kesepian adalah berhubungan dengan orang lain. Bisa dengan orangtua, adik, kakak, teman, atau siapapun.JUDI DOMINO

Leave a Comment