Inilah Fakta Unik Dari Buah Carica

Satukliknews – Carica ini merupakan salah satu buah khas dari Wonosobo. Buah ini juga disebut sebagai pepaya gunung yang unik dan ini memiliki beragam fakta unik yang belum banyak diketahui oleh sebagian orang. Apa saja sih fakta mengenai buah unik yang satu ini? Berikut ini yah penjelasannya untuk Anda.DOMINO ONLINE

1. Hanya tumbuh di dua tempat di Indonesia

Buah carica ini yang memiliki struktur pohon mirip dengan pepaya hanya bisa tumbuh di dataran tinggi basah dengan ketinggian antara 1500-3000 m di atas permukaan laut. Di Indonesia, buah ini hanya tumbuh di Dieng dan di Bali. Buah carica yang ada di Bali sendiri dikenal dengan gedang memedi.

2. Berasal dari Amerika Selatan

Carica yang sudah menjadi buah khas Wonosobo ternyata bukan asli dari Wonosobo. Buah ini asalnya dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Kemudian buah carica mulai diproduksi di Dieng pada masa menjelang Perang Dunia II oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda.

BACA JUGA : manfaat sayur bayam untuk kesehatan

3. Mengandung getah

Buah carica ini yang ukurannya begitu mungil ini ternyata mengandung banyak sekali getah. Ketika buah ini semakin mendekati kematangan, getahnya semakin berkurang. Getah ini mengandung papain yang bersifat proteolitik, yakni mampu menguraikan protein.

4. Enak dijadikan manisan

Buah yang berbentuk bulat kecil ini juga sangat mirip sekali loh dengan pepaya dengan tekstur yang begitu keras dan rasa yang agak masam-masam, membuat buah carica enak apabila diolah langsung menjadi manisan. Selain manisan, buah ini juga bisa diolah menjadi selai, jus, sirup, dodol, dan yang lain-lain.

5. Memiliki beragam khasiat

Selain begitu unik, buah carica juga memiliki banyak manfaat dan banyak kesehatannya. Diantara kegunaan dari buah carica, yaitu: dapat melancarkan proses untuk pencernaan karena buah ini banyak mengandung enzim papain, mengandung vitamin C yang baik untuk perawatan kulit, serta baik sekali loh untuk sistem metabolisme tubuh karena banyak sekali mengandung vitamin B kompleks, dan lain sebagainya.JUDI DOMINO

Leave a Comment