Inilah Pengaruh Air Es Pada Janin dan Ibu Hamil

Satukliknews – Tinggal di daerah tropis ini memang seringkali membuat kita orang Indonesia gampang kehausan. Air hangat pun kadangkala tidak menimbulkan efek haus jadi hilang. Terlebih jika cuaca sangat panas, kita jadi cenderung mencari minuman dingin untuk melepas dahaga. Segelas air putih dan es batu pun selalu menjadi pilihan saat berada di rumah. Atau sebotol minuman dingin selalu jadi incaran saat lagi di luar rumah.DOMINO ONLINE

Sayangnya tidak semua yang sedang minuman dingin bisa betul- betul melepas dahaga. Sebab ada juga yang justru membahayakan tubuh. Seperti yang diungkapkan beberapa ahli kesehatan, bahwa minum minuman kemasan dalam jangka panjang bisa memicu penyakit seperti diabetes hingga kanker. Belum lagi jika sedang hamil, makin banyak pantangannya.

Anda mungkin sangat sering mendegar bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan minum air es karena bisa mengganggu janin dalam kandunganya. Ternyata ungkapan ini hanyalaha mitos sebab air es yang masuk ke dalam tubuh sama sekali tidak ada pengaruhnya terhadap kehamilan.

Air es yang nikmat belum tentu sehat

Ada sebuah kepercayaan yang sudah banyak menyatakan jika ibu hamil sering minum es atau mengkonsumsi minuman dingin maka bisa menyebabkan bayi lahir terkena asma. Hal seperti ini dipandang ketika minuman dingin yang masuk ke perut bisa menyebabkan kondisi rahim menjadi lebih dingin sehingga janin tidak sehat. Namun sebuah fakta medis mengatakan jika pernyataan ini sama sekali tidak benar.

BACA JUGA : 4 khasiat biji pepaya yang harus kamu tau

Salah satu alasan mengapa ibu hamil tidak boleh minum es adalah ketika es dipercaya bisa menyebabkan keguguran. Sebenarnya tidak ada masalah ini sama sekali tidak bisa dibuktikan secara medis. Ketika ibu hamil minum es maka minuman ini akan masuk ke perut melalui saluran pencernaan sementara janin berada di dalam rahim.

Minum es memang sangat menyegarkan sekali loh guys dan bisa memuaskan bagi ibu hamil yang sedang merasa kehausan. Namun minum es juga dipercaya bisa membuat bayi yang dilahirkan memiliki berat badan berlebihan. Es memang bisa membuat berat badan bayi naik dengan cepat. Terutama jika ibu lebih banyak minum es yang mengandung banyak gula, seperti ini yah misal es teh atau es sirup. Kondisi ini memang bisa sangat berbahaya untuk ibu karena memicu diabetes pada ibu hamil.

Sebaliknya, minum saja dengan air es saat hamil justru dapat membantu merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan. Jika Anda juga sangat khawatir karena tidak bisa merasakan pergerakan bayi seperti biasa, minum es saat hamil dapat merangsang bayi untuk bergerak. Dia akan merasakan dinginnya es dan langsung cenderung untuk menghindarinya.JUDI DOMINO

Leave a Comment