Jangan Tahan Amarah Anda! Ini 8 Manfaatnya

Satukliknews – Aktivitas yang sering sekali marah kerap mendapatkan cap negatif. Kadang  orang yang sedang marah dikomentari sebagai pengidap kelabilan emosi, temperamental, emosional, dan sebagainya. Padahal, jika marah itu dilakukan dalam proporsi normal, ternyata luapan emosional itu bisa mendatangkan manfaat yang luar biasa.

1. Sebagai Penyelamat Komunikasi

Tidak jarang, ketika sedang marah, lawan bicara terdorong jadi lebih cermat memahami yang sedang disampaikan pihak yang sedang marah. Sementara, dalam kondisi “normal”, komunikasi efektif mengenai hal yang dimaksud itu malah tidak terjadi.DOMINO ONLINE

2. Mendongkrak produksi adrenalin dan noradrenalis

Saat sudah melancarkan amarah, jantung akan bekerja lebih cepat, dan tekanan darah pun meningkat. Hal ini memicu terdongkraknya produksi adrenalin dan noradrenalis, yang berefek sebagai stimulator organ otak sehingga gairah dan kewaspadaan seseorang meningkat pula.

3. Membuat Tubuh Lebih Sehat

Marah bukanlah hal harus selalu dijauhi. Jika seseorang mampu mengola amarahnya dengan baik, maka ini berpotensi meningkatkan derajat kesehatan. Bagaimanapun, mengeluarkan apa yang menjadi ganjalan dalam hati tentu lebih baik ketimbang memendamnya berlarut-larut.

4. Memperbaiki Hubungan

Bagi hubungan pertemanan maupun relasi asmara, marah merupakan salah satu bentuk atensi. Intinya, kemarahan yang direspons secara positif dapat membuat suatu hubungan menjadi lebih dekat dan menyenangkan.

5. Sumber Motivasi Baru

Kemarahan kadang juga bisa menciptakan kejujuran, karena dalam kondisi emosional, semua hal yang menjadi beban di kepala akan terungkapkan hingga tuntas. Setelah rasa marah hilang, maka muncullah perasaan lebih lega yang akan mencuatkan semangat baru.

6. Lebih Kreatif

Hasil survey yang dilakukan Mark Gorkin, konsultan pencegahan stres dan kekerasan Pada US Postal Service, menggambarkan bahwa marah mampu mendorong seseorang jadi lebih kreatif. Kemarahan konstruktif atau korektif biasanya mampu menghasilkan ide-ide unik dan kreatif.

7. Melindungi Diri

Dalam kondisi yang tertentu, marah juga merupakan tameng untuk melindungi diri dari kondisi yang tidak dikehendaki. Umumnya, karena yang bersangkutan mendapatkan semacam “serangan”. Dengan melepas kemarahan secara tepat, maka situasi terdesak itu dapat dinetralisir.

8. Mendorong Munculnya Perilaku Baru

Pascakemarahan, sangat mungkin terjadi adanya perbaikan atau koreksi perilaku, baik yang terjadi pada orang yang marah, maupun yang dimarahi. Dengan kata lain, kemarahan menjadi alat koreksi terhadap kesalahan-kesalahan yang terjadi sebelumnya.

BACA JUGA : Kisah cinta lelaki yang bodoh

Namun, meskipun marah itu memiliki faedah, tentu tak berarti Anda harus marah-marah setiap hari. Marah di waktu yang tepat dengan cara yang benar, serta direspons secara baik, itulah yang paling bermanfaat.JUDI DOMINO

Leave a Comment