Kebiasaan Membaca Buku Bisa Memperpanjang Usia Lho

Satukliknews – Siapa sih yang mengira jika kebiasaan sederhana seperti membaca buku dapat memperpanjang usia? Saya pribadi juga baru mengetahui hal ini beberapa waktu lalu ketika tanpa sengaja membaca artikel yang dipublikasikan di website National Geographic dengan judul “Ingin Panjang Umur, Mulailah Kebiasaan Membaca Buku”. Dalam artikel tersebut dikatakan bahwa dengan kebiasaan membaca buku paling sedikit 30 menit perhari, dapat memperpanjang usia seseorang.DOMINO ONLINE

Penelitian yang sudah dilakukan oleh satukliknews.com memberikan hasil bahwa orang yang melakukan kegiatan membaca buku minimal 3,5 jam perminggu memiliki usia dua tahun lebih panjang dibanding dengan mereka yang tidak membaca buku. Walaupun begitu, dalam penelitian ini tidak dijelaskan secara pasti bagaimana bisa kebiasaan membaca buku dapat membuat seseorang memiliki umur lebih panjang.

Namun, dalam penelitiannya tim mengemukakan sebuah teori bahwa dengan membaca buku membuat kemampuan kognitif seseorang semakin meningkat dan dengan meningkatnya kemampuan kognitif maka orang tersebut semakin memiliki keuntungan untuk bertahan hidup.

Dalam jurnal dari semua hasil penelitiannya mereka mengatakan bahwa dengan membaca sebuah buku, pembaca diajak untuk membuat suatu hubungan antara suatu bagian dengan bagian lainnya di dalam buku tersebut, kita juga diajak untuk mencari kegunaan dari pengetahuan yang kita dapatkan dari membaca buku serta hubungannya dengan dunia nyata. Selain itu, dengan membaca buku pembaca diajak untuk bertanya tentang isi dari buku yang dibaca. Hal ini menjelaskan kenapa kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi, bernalar, dan berpikir kritis meningkat dengan semakin banyaknya buku yang dibaca.

Membaca buku itu juga dapat membuat seseorang untuk cenderung berperilaku lebih sehat dan mengurangi stres. Karena dengan membaca buku, kemampuan seseorang dalam berempati semakin meningkat, persepsi sosial semakin tajam, serta menambah kecerdasan emosional.

BACA JUGA : 8 tips meyakinkan anak agar mau ke dokter gigi

Rendahnya Minat Baca di Indonesia

Minat untuk baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, khususnya anak yang menjadi pelajar. UNESCO, pada tahun 2011, mempublikasikan hasil survei mengenai budaya membaca pada penduduk di negara-negara ASEAN. Hasil yang diperolah sangat mengejutkan sekaligus membuat miris. Budaya membaca untuk penduduk di Indonesia hanya mendapatkan nilai 0,001. Angka tersebut memiliki arti bahwa hanya satu dari seribu penduduk Indonesia yang memiliki budaya membaca yang tinggi. Hal ini berdampak kepada kualitas penduduk Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya.

Banyak sekali loh faktor yang menyebabkan minat membaca pada masyarakat Indonesia rendah antara lain, harga buku yang mahal. Daya beli masyarakat yang rendah, membuat mereka lebih memilih membelanjakan uang yang dimiliki untuk kebutuhan pokok. Sedangkan buku sebagai bahan bacaan dan rekreasi dikesampingkan. Faktor yang kedua adalah terbatasnya fasilitas perpustakaan. Namun, saat ini perbaikan fasilitas perpustakaan sudah mulai dilakukan. Faktor yang ketiga adalah masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di depan layar televisi dibandingkan dengan membaca buku.

Pentingnya Peran Orang Tua Mengajak Anak Membaca Buku

Dalam hal ini, orang tua memiliki peran besar sebagai contoh kepada anaknya serta diharapkan mampu membuat minat anak dalam membaca buku menjadi semakin meningkat. Di rumah pun, orang tua harus mampu mengontrol dan membatasi durasi anak dalam menonton televisi. Karena dengan orang tua membiasakan anaknya membaca buku sejak dini, maka kemampuan kognitif semakin meningkat serta dapat memperpanjang umur anak. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa lebih banyak melihat anak-anak menghabiskan waktunya dengan bermain serta membaca buku ketimbang duduk di depan televisi atau sibuk bermain dengan smartphone. Jadi, selain berolahraga dan makan-makanan sehat, mulailah untuk membaca buku agar kita memiliki umur lebih panjang dan kehidupan sehat dihari tua nanti.JUDI DOMINO

Leave a Comment