Kenali Yuk Macam Teh dan Khasiatnya

Satukliknews – Teh adalah minuman yang paling sering kita jumpai setiap hari. Jenisnya juga bermacam-macam. Ada teh hitam, teh hijau, teh putih, teh oolong, teh kambocha, hingga teh pelangsing. Pertanyaannya, manakah teh yang memiliki khasiat yang paling baik? Dilansir dari health.com, berikut ini ada beberapa jenis teh beserta khasiatnya.DOMINO ONLINE

1. Teh Hitam

Teh hitam ini adalah teh yang baik bagi jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Teh hitam juga berkhasiat untuk meningkatkan energi karena cenderung memiliki kanduangan kafein yang lebih tinggi dari pada teh hijau.

2. Teh Hijau

Teh hijau yang sudah dikenal dengan kandungan antioksidannya. Dr. Sonia Oyola dari University of Chicago yang sudah mengungkapkan bahwa “Polifenol yang ada pada teh hijau tidak hanya mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, tetapi juga mengurangi resiko kanker payudara”. Cara kerja teh hijau dalam mengurangi resiko penyakit kardiovaskular adalah dengan membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL.

BACA JUGA : 5 desa terunik diindonesia

3. Teh Putih

Teh putih ini adalah teh yang hampir tidak diolah dalam pembuatannya karena daun teh dibiarkan layu secara alami sehingga warnanya menjadi putih. Dengan begitu, teh putih memiliki jumlah polifenol yang lebih tinggi dan memiliki sifat antibakteri, jamur serta antivirus. Perlu diketahui juga bahwa menghirup teh putih juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan kafein dan antioksidan yang disebut sebagai katekin.

4. Teh Kombucha

Teh kombucha yang sudah dibuat dengan fermentasi gula dan starter bakteri baik serta ragi. Teh kombucha menjadi sumber probiotik yang baik sehingga mampu memperbaiki sistem pencernaan. Namun beberapa varietas teh kombucha ini dimungkinkan mengandung alkohol (kurang dari 0,5%).

5. Teh Pelangsing

Menurut Cyntia Sass, RD bahwa beberapa teh pelangsing di dalamnya menggabungkan kafein dan diuretic yang mampu menurunkan berat badan. Namun bukan lemak sebenarnya lah yang dihilangkan. Teh pelangsing ini kemungkinan juga mengandung senna, maupun obat pencahar alami yang bisa memberikan efek samping seperti kram perut dan diare. Jika tujuan utamanya adalah kehilangan lemak, diet dan olah raga yang baik merupakan cara yang lebih aman dan paling tepat.

Teh pada dasarnya baik. Konsumenlah yang harus tepat memilih dengan jenis teh dimana harus disesuaikan langsung dengan khasiat yang ingin diperoleh.JUDI DOMINO

Leave a Comment