Kopi Mengandung Banyak Kafein Yang Tidak Baik Bagi Kesehatan

Satukliknews – Tentu saja ada orang taka sing lagi dengan aroma yang menggoda dan lezatnya sajian buah yang satu ini. Ya, kopi merupakan minuman favorite semua orang santereo dunia. Kopi sering digunakan sebagai minuman pendamping saat sarapan pagi. Bahkan, ada juga yang hanya cukup dengan minum kopi sebagai pengganti makan nasi.DOMINO ONLINE

Pemanfaatan buah kopi tidak lagsung dari pohonnya, melainkan melalui berbagai proses hingga akhirnya menjadi bubuk kopi yang siap diseduh dengan air dan dicampur gula sehingga menjadi minuman yang lezat dan nikmat. Sejak sekitar 3000 tahun lalu buah kopi mulai dikenalkan sebagai minuman, hingga sampai sekarang masih popular di belahan dunia.

Disamping kenikmatan dan kelezatannya, kopi juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, diantaranya mampu mengurangi resiko terserang berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, jantung, serta batu empedu.

Cita banyak rasa dan aroma yang menggoda memang menjadi keunggulan kopi dibandingkan dengan minuman lainnya. Namun, anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi buah yang satu ini, pasalnya dalam kopi terdapat kandungan zat adiktif yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Zat adiktif yang dimaksud adalah kafein. Kadar kafein yang terkandung didalamnya terbilang cukup tinggi.

Kafein ini juga merupakan senyawa yang memiliki sifat dapat larut dalam darah sehingga bila dimasukkan kedalam tubuh akan dapat mengakir sampai ke otak. Apabila sudah masuk ke otak akhirnya dapat mempengaruhi pikiran seseorang dan efek yang ditimbulkan yaitu berupa kecanduan terhadap orang-orang yang mengonsumsinya.

Oleh sebab itu, kebanyakan mengonsumsi minuman yang berkadar kafein cukup tinggi akan menyebabkan gangguan bagi kesehatan, apalagi bila dikonsumsi secara rutin dalam termin waktu yang panjang. Para ahli medis mengkhawatirkan efek yang ditimbulkan sangat berbahaya, seperti pengerasan dinding arteri yang ujung-ujungnya berimplikasi pada gangguan kinerja pada jantung anda.

Lebih mencengangkan lagi yaitu efek negatife yang ditimbulkan oleh zat kafein dalam kopi. Menurut penelusuran The Caffeine Web, para ahli penyakit alergi dan zat-zat beracuntoksikologi menyampaikan kesimpulan yang bahaya mengenai zat kafein dalam kopi yaitu dapat menyebabkan timbulnya penyakit mental. Dari sebanyak 80% populasi penduduk diseluruh dunia yang mengonsumsi kafein, trnyata terdapat 25% yang didiagnosis mengalami gangguan mental.

BACA JUGA : segera ketahui apakah dia sangat serius menyayangimu

Selain itu, mengonsumsi kopi juga dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, diantaranya :

Bagi penderita hipertensi mengonsumsi kafein sangat berbahaya, Karena senyawa kafein mampu menimbulkan munculnya tekanan darah tinggi.

Bagi wanita yang sedang hamil, bila mengonsumsi kopi dapat meningkatkan denyut jantung secara drastic serta menyerang plasenta. Bahkan bisa masuk dalam sirkulasi darah janin.

Dapat menyembabkan penyempitan pada pembuluh darah yang di akibatkan oleh endapan lemak sehingga beresiko terhadap serangan jantung dan stroke.

Merangsang munculnya pengeroposan pada tulang.

Beresiko terjangkit penyakit kanker esophagus bagi yang menyeduhnya saat panas sekali.

Bayi yang dilahirkan oleh wanita pecandu kopi akan mengalami kesulitan bernapas.

Menyebabkan insomnia, cepat marah, sakit kepala, mudah gugup, serta merasa tegang.

Menimbulkan penyakit kanker payudara dan kanke kandung kemih.

Disamping efek ini juga samping yang disebutkan diatas, terdapat beberapa gejala secara psikologis bagi para pecandu kopi, diantaranya munculnya kekhawatiran yang berlebih, seringnya muntah-muntah, perasaan gelisah serta cepat marah, merasa kedinginan diikuti dengan demam, serta mengalami kebingungan mental yang sangat kronis. Berbagai efek negatife yang terdapat dalam kopi tersebut kiranya menjadi kehati-hatian bagi anda tidak terlalu sering mengonsumsi kopi secara berlebihan.JUDI DOMINO

Leave a Comment