Langka! 6 Hewan Unik Ini Hanya Ada Di Indonesia

Satukliknews – Tidak salah lagi jika indonesia di sebut sebagai negeri yang sangat kaya. memiliki lebih dari 17 ribu pulau, terlepas dari beragamnya habitat nusantara, ternyata indonesia juga memiliki harta karun yang mungkin tidak di miliki negara lain tanpa kita sadari, tanah air kita ternyataa menjadi tempat tinggal dari beberapa spesies langka yang tidak di temukan di negara lain. hewan-hewan apakah itu mari simak artikel nyya di bawah ini:DOMINO ONLINE

1).HARIMAU

banyaknya harimau yang ada di afrika membuat kita tak menyadari bahwa kita memiliki spesies sendiri yang tak ada di negara lain.ada  dua spesies langka yang tinggal di indonesiayaitu harimau bali telah di nyatakaan punah pada tahun 1937 karena habitat mereka di ganggu.sedangkan harimau sumatra saat ini di perkirakan hanya tersisa 500 ekor jumlahnya terus menurun dari tahun-tahun sehingga pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan ke beradaanya harimaau sumaterasendiri dikenal memiliki penampilan paling gelap di antara spesies lainnnya, harimau jantan memiliki panjang sekitar 92 inch, tinggi 60cm, dan berat 140kg. sedangkan kalau harimau yang betina memiliki panjang rata-rata 78 inch dan berat 91 kg.

2). ORANG UTAN

berbagai dengan beberapa spesies primata terbesar di seluruh dunia, sehingga orang tidak menganggapnya istimewa.namun kalian perlu tahu, ada satu spesies primata langka yang hanya ada di indonesia. yaitu orang utan. di bandingkan jenis kera lainnya orang utan memiliki rambut yang lebih panjang, spesies ini di kenal memiliki intelejensi yang tinggi dan harapan hidup yang lebih panjang ketimbang keluarga primata lainnya. hewan yang mampu bertahan hidup hingga 30 tahun ini di ketahui memiliki segi dna yang mirip dengan manusia.orangt utan banyak di temukan di kalimantan dan sumatera. seperti primata lainnya. mereka lebih suka menghabiskan hidupnya di atas pohon atau arnoreal.

3). KERA TARSIUS

selain orang utan ini, primata lain yang tadi kekhasan indonesia adalah tarsius bangka. satwa yang juga disebur mentilin ini berasal dari bangka belitung. warnanya cokelat kemerehan hingga abu-abu kecoklatan. karena panjangnya yang hanya mencapai 12 hingga 15 cm, tarsius dijuluki primata terkecil di dunia, dia memiliki mata sangat besar sehingga sekilas mirip dengan burung hantu. tidak heran jika sebagian orang juga menyebutnya kera hantu. sayangnya , mata tasius takakan berfungsi saat siang hari. selain di bangka dan belitung. hewan yang ini juga ditemukan di riau dan pulau kalimantan.

4). BADAK

di indonesia juga ada dua jenis badak yang sangat langka dan di lindungi, yaitu badak jawa dan badak sumatera. namun badak yang paling kita kenal adalah badak bercula satu yang bersal dari jawa. walaupun sudah di buatkan penangkaran di ujung kulon, namun jumlah hewan ini terus mengalami penurunan. data terakhir menyebutkan bahwa jumlahnya hanya mencapai puluhan saja. menurut cerita, awalnya badak dapat di temui di seluruh penjuru nusantara. namun seiring berjalannya waktu, jumlahnya menurun hingga hanya tersisa di jawa dan sumatera. tidak heran jika keberadaan hewan ini terancam. dalam pengobatan tiongkok kuno, cula hewan ini dianggap sangat manjur mengobati berbagai macam penyakit. cula nya pyn di hargai sangat mahal sehingga selalu jadi barang buruan.

BACA JUGA : Ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian ganda

5). KOMODO

sejak duduk di bangku sd tentunya telinga kita sudah akrab mendengar nama hewan yang satu ini. namun mungkin tak semua orang menyadari bahwa hewan langka ini sangat istimewa, karena hanya di temukan di indonesia. saking legendarisnya, hewan ini bahkan menjadi maskot indonesia di kancah internasional. komodo sendiri adalah jenis kadal terbesar ddi dunia yang panjangnya bisa mencapai 3 meter, dengan berat 70 kilogram, karnivora ini meendiami pulau-pulau di kawasan nusa tenggara, seperti flores,rinca, gili motang dan dili dasmi. karena jumlahnya yang semakin berkurang maka pemerintah membangun tempat penangkaran yang bernama taman nasional komodo.

6) ANOA

satwa dengan nama yang begitu latin bubalus depressicornis ini hanya dapat di temukan di wilayah sulawesi. penampilannya mirip dengan kambing, hanya saja dia memiliki tanduk runcing yang panjangnya mencapai 30cm. anoa sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang memiliki pola hidup yang berbeda. namun saat ini, hewan yang jadi maskot sulawesi ini juga mengalami masa kritis. di perkirakan jumlahnya hanya mencapai 5000 ekor saja di seluruh dunia. pasalnya memang banyak orang yang tertarik memburu dalam jumah besar untuk diambil tanduk,kulit dan dagingnya.JUDI DOMINO

Leave a Comment