Lima Penyakit Pada Usus Yang Besar

Satukliknews – Usus yang besar atau yang bisa disebut kolon adalah suatu bagian dari sistem pencernaan manusia. Fungsi dari usus besar ini diantaranya ialah menyerap air dan juga menyerap feses. Ada beberapa kelainan yang terjadi pada usus besar dan menyebabkan tubuh tidak prima. Penyakit yang terjadi pada usus besar diantaranya. DOMINO ONLINE

1.Penyakit Usus Inflamatorik

Penyakit usus Inflamatorik ini adalah penyakit dengan etimologi yang tidak dapat diketahui. Penyakit ini adalah kondisi dimana terjadi peradangan pada usus besar dan juga ileum. Gejala dari penyakit usus inflamatorik diantaranya adalah terjadi penurunan berat badan, mengalami demam, anoreksia, mengalami sakit perut seperti diare, dan memiliki keinginan untuk buang air besar yang sering serta sering merasakan menggigil. Penyakit ini termasuk penyakit kronis yang sangat mengganggu penderita dan membahayakan. Penyakit ini bisa menyebabkan penderita terkena resiko penyakit kanker yang lebih besar. Untuk menjaga penyakit ini supaya tidak berkembang dan menyebabkan lain, maka disarankan untuk penderita menjalankan diet penyakit usus inflamatorik. Tujuan dari diet ini ialah untuk menyeimbangkan kembali cairan dan elektrolit dalam tubuh dan mengistirahatkan usus pada masa akut.

2. Kanker Usus Besar

Kanker usus yang begitu besar adalah kanker yang terjadi pada usus besar ataupun bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Penyebab dari penyakit ini adalah adanya sel kanker dalam tubuh terutama pada bagian sistem pencernaan yang menyerang usus besar. Sel sel kanker tersebut menyebar dengan sangat cepat.

Gejala yang sudah dan sering sekali dialami oleh penderita kanker besar ialah adanya darah pada fases manusia, nyeri dibagian perut dan juga tubuh sering mengalami cepat lelah dan letih. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker usus besar diantaranya terlalu sering mengkonsumsi daging merah, merokok, mengkonsumsi Alcohol, menderita gangguan pencernaan. Kanker usus besar ini biasanya terjadi pada manusia berusia diatas 50 tahun. Tahapan perkembangan kanker usus ada 4 yaitu stadium 1 dimana kanker sudah mulai tumbuh, stadium 2 kanker menyebar ke seluruh dinding usus besar, stadium 3 kelenjar getah bening sudah mulai terkena sel kanker dan tahap yang terakhir yaitu stadium 4 dimana sel kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain seperti paru paru dan hati.

BACA JUGA :terimakasih sudah menjadi bagian indah dalam kenanganku

3.Radang Usus Besar

Radang usus yang begitu besar ialah penyakit yang sudah disebabkan usus mengalami peradangan. Radang usus sendiri menjelaskan 2 keadaan yaitu colitis ulseratif dan penyakit crohn. Colitis ulseratif adalah peradangan yang hanya terjadi pada bagian usus besar saja sementara penyakit crohn yaitu peradangan yang terjadi diseluruh sistem pencernaan dari mulut hingga anus. Radang usus adalah penyakit jangka panjang dan biasanya muncul dan menghilang selama beberapa saat. Pada penderita radang usus besar mereka akan mengalami beberapa gejala diantaranya nyeri pada bagian perut, nafsu makan yang semakin berkurang, mengalami penurunan berat badan yang signifikan, diare yang bercampur dengan darah dan tubuh sering mengalami cepat mudah lelah. Penyebab penyakit radang usus besar diantaranya keturunan, merokok, usia dan juga faktor keturunan.

4.Konstipasi atau sembelit

Konstipasi atau yang sering disebut orang awam adalah sembelit. Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk buang air besar secara teratur. Seseorang yang mengalami sembelit biasanya hanya buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Penyakit ini lebih berisiko terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki, terutama pada perempuan yang sedang dalam masa kehamilan. Penyebab sembelit diantaranya ialah kurang mengkonsumsi air putih, kurang makan yang berserat, dan juga perubahan pola makan yang tidak teratur. Untuk mengatasi penyakit konstipasi ini dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup 8 gelas perhari dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi.

5.Hemoroid

Hemoroid atau penyakit yang sangat wasir ini adalah dimana kondisi yang bisa terjadi pembengkakan yang berisi pembuluh dari yang membersar. Pembuluh dari yang terkena wasir terletak di dalam ataupun disekitar rectum di dalam anus. Hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak dapat menimbulkan gejala yang serius. Penyakit Hemoroid ditandai dengan adanya pendarahan ketika buang air besar, adanya benjolan diluar anus, terdapat lendir ketika buang air besar dan mengalami gatal-gatal disekitar anus. Menurut data penderita wasir di indonesia sekitar 5,7% dari total penduduk indonesia.JUDI DOMINO

Leave a Comment