Mau Nikah Tapi Biaya Mahal? Ini Tips Tekan Biaya Nikah

Satukliknews – Lihat teman-teman yang seangkatan sudah punya dede bayi rasanya pengen kan ngikut punya bayi juga? Kumpul bersama keluarga selalu diingatkan kapan naik pelaminan, rasanya juga pengen cepat-cepat nikah kan? Lihat orang tua udah semakin tua, rasanya juga pengen cepat nikah kan? Ada begitu banyak hal memang yang membuat diri kamu segera menikah.DOMINO ONLINE

Tapi, ada juga loh kata tapinya ini. Kok hitung-hitung dan tanya sana sini, biaya menikah itu tidak sedikit. Bayangkan saja, menikah harus punya modal paling tidak Rp50 juta. Wah, dari mana dapat uang segitu banyak dalam waktu singkat.

Asal kamu tahu ya, banyak loh orang-orang yang batal nikah gara-gara target biaya tidak tercukupi. Sudah sepakat menentukan waktu untuk menikah bersama pasangan, kemudian berusaha mati-matian mengumpulkan dana buat nikah, eh malah tidak tercapai targetnya menjelang bulannya. Sedih kan ya.

Nah, lalu bagaimana cara keluarnya? Terbaiknya adalah penghematan atau menekan biaya. Terus, bagaimana ya caranya? Langsung saja yuk simak tips tekan biaya nikah berikut.

1. Pilih Tempat di Rumah Saja

Salah satu dari faktor yang sudah membuat biaya membengkak adalah tempat yang mewah. Biasanya di gedung, podium, hotel, atau sejenisnya. Biaya sewa gedung saja bisa mencapai Rp20 juta sampai Rp50 juta, bahkan lebih. Nah, sebisa mungkin kamu pilih tempat yang efisien saja, yakni di rumah.

Alasan orang memilih gedung sewaan untuk menikah biasanya gengsi atau efektivitas. Soal efektivitas sih bisa dimaklumi kalau rumah kamu berada di gang sempit atau apartemen. Tapi soal gengsi, inilah yang jadi penyebab di dalam diri kamu. So, perlu kamu pertimbangkan, apakah gengsi lebih baik daripada menekan biaya?

Selain bisa menghemat biaya, pernikahan di rumah tentu saja mengenalkan tamu dengan rumah kamu sendiri. Tamu pun jadi tahu kan alamat rumahmu.

2. Pilih Catering Termurah atau Masak Guyuban dengan Tetangga

Catering ini juga bisa jadi faktor kedua mahalnya biaya nikah. Biasanya orang-orang dalam pernikahannya pilih menu beragam. Ada menu camilan yang lezat-lezat. Lagi-lagi, ini ada pengaruh gengsi. Semakin beragam dan mewah menu makanan dalam pesta penikahan, maka semakin terkesan elitlah pernikahanmu. Padahal, ini anggapan yang tidak ada gunanya loh.

BACA JUGA : Cinta sejati tidak pernah benar benar pergi saat memiliki

Pilih menu yang sederhana saja tapi pas untuk semua kalangan. Jadi, ya pilihlah catering yang murah. Malah, ada catering yang berani menawarkan pembayaran dicicil dua kali atau lebih.

Pilihan lainnya, cobalah kamu rembukkan bersama keluargamu mengapa tidak memasak bersama keluarga atau guyuban tetangga saja. Kamu tinggal belanja keperluan, dan guyuban tetangga nantinya tinggal masak kan. Lalu, untuk berburu bahan atau belanja bahan masakan, belilah langsung dari agen. Jangan dari pedagang di pasar.

3. Pilih Mahar Nikah Murah tapi Berkesan

Mahar yang sudah bisa jadi kendala. Kalau mengacu di beberapa pernikahan, ada banyak keluarga wanita yang ikut campur meminta mahar tinggi. Kalau sudah begini, kamu harus independen. Bersikap sendiri. Tentukan sendiri, dan rembukkan bersama pasangamu. Jangan sampai, meminta mahar yang justru memberatkan biaya pernikahan.

Pilih saja mahar yang berkesan. Misalnya, seperangkat alat salat beserta Alquran dan kitab fiqih. Murah dan berkesan kan? Karena mahar begini jadi jaminan kalau rumah tangga kamu kelak tidak jauh-jauh dari agama.

4. Batasi Undangan Tamu

Pilihan yang paling terakhir, cara menekan biaya pernikahan adalah membatasi undangan tamu. Semakin banyak tamu undangan, maka semakin banyak juga prediksi biaya konsumsi tamu yang akan kamu keluarkan. Jangan sampai kamu ingin mengundang beribu-ribu tamu demi meramaikan pernikahan kamu. Batasi saja, mulai dari keluarga besar, teman dekat, dan teman keseharian saja.JUDI DOMINO

Leave a Comment