Otak Membeku Saat Makan Es Krim? Ini Penyebabnya!

Satukliknews – Tidak ada lagi yang dapat menyangkal betapa nikmatnya makan es krim, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai makanan yang satu ini.

Tapi tahukah anda? memakan es krim dapat membuat otak anda membeku atau biasa di kenal dengan Brain Freeze. Anda mungkin akan merasakan sakit kepala yang hebat seketika anda memakan es krim atau makanan dan minuman dingin lainnya.DOMINO ONLINE

brain freeze atau ini dia bernama ilmiah sphenopaltine ganglioneralgia ini terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat dingin secara cepat sehingga menimbulkan rasa nyeri jangka pendek pada bagian kepala.

Ketika anda sudah mengkonsumsi atau memasukan makanan dan minuman yang sangat dingin kedalam mulut dan mengenai langit-langit mulut, secara cepat juga akan mengenai syaraf kecil di dekat bagian belakang mulut. Makanan dan minuman dingin yang masuk ke dalam mulut ini membuat perubahan suhu pada langit-langit mulut dan bagian belakang kerongkongan, perubahan suhu mendadak tersebut menyebabkan pembuluh arteri berkontraksi dan melebar dengan cepat, hal ini menjadi pemicu reseptor nyeri pada bagian meninges.

BACA JUGA : Bahaya loh makan daging disudahi minuman manis

Rasa sakit yang sudah terjadi sebenarnya bukannya benar-benar terjadi di otak, melainkan terjadi di meninges, selaput pembungkus otak, karena otak tidak memiliki serat penginderaan rasa sakit. Dalam kasus Brain Freeze ini sebenarnya berguna untuk membuat kita tidak banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang sangat dingin, sehingga otak dapat menjaga suhunya agar tetap stabil.

Jadi, setelah mengetahui penyebab  brain freeze ini masihkah anda menyukai es krim?  tentu saja iya, beruntungnya brain freeze ini bisa di sembuhkan tanpa pengobatan medis yang rumit. Brain freeze biasanya terjadi kisaran (antara 30-60 detik) setelah makanan dan minuman di telan.

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa nyeri dengan cepat :

Sentuh lidah ke langit-langit mulut atau dapat dengan menempelkan ibu jari atau jempol tangan.

Menutup mulut dan hidung dengan telapak tangan, kemudian hembuskan napas ke telapak tangan hal ini guna menahan hangat napas di telapak dan meningkatkan suhu di dalam mulut

Jika tidak ingin merasakan, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan dan minuman dingin secara perlahan-lahan.JUDI DOMINO

Leave a Comment