Syndrom Ini Dapat Membuat Tulang Manusia Menghilang

Satukliknews – Terlepas dari beberapa kemajuan ilmiah luar biasa yang telah kita lakukan pada abad terakhir, masih banyak kasus medis yang tidak dapat sepenuhnya dijelaskan oleh kajian ilmiah.DOMINO ONLINE

Salah satunya adalah Vanishing Bones Syndrome.

Vanishing dari Bones Syndrome memang terdengar seperti nama penyakit dalam serial fiksi ilmiah, tetapi para dokter di Royal Infirmary of Edinburgh di Skotlandia menemukan kondisi aneh ini pada seorang wanita berusia 44 tahun.

Syndrome ini juga dikenal sebagai penyakit Gorham-Stout, kondisi yang sangat langka ini menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan tulang yang progresif.

BACA JUGA : Ibu menyusui harus tahu 7 manfaat asi ini

Penyakit yang seperti ini sangat jarang terjadi sehingga hanya ada 64 kasus yang tercatat dalam literatur medis sejak pertama kali dideskripsikan pada tahun 1838.

Pada orang yang sehat, umumnya tulang terus beregenerasi untuk membantu mempertahankan kekuatannya, dan penyakit Gorham-Stout diyakini merupakan malfungsi dari proses ini. Pada penyakit Gorham-Stout proses kerusakan tulang terjadi lebih cepat daripada kemampuan tulang dalam memperbaiki dirinya sendiri.

Karena kondisinya yang sangat langka, penyakit ini menjadi sangat sulit untuk didiagnosis.

Pada kasus dari wanita di Edinburgh , dia pertama pergi ke dokter mengeluh sakit di bahu kirinya. X-ray dilakukan, menunjukkan lesi pada tulang humerusnya. Ini membuat para dokter percaya bahwa dia mungkin mengidap kanker. Namun, hasil biopsinya terbukti tidak meyakinkan.

Waspada, Syndrom ini dapat Membuat Tulang Manusia Menghilang

Selama satu setengah tahun berikutnya, gejala-gejalanya semakin memburuk, tetapi para dokter masih bingung dan tidak dapat memberikan diagnosis konkrit.

Wanita itu mengalami rasa sakit dan bengkak di lengannya, dan bahkan sedikit benturan dapat menyebabkan fraktur(patah tulang) yang menyakitkan.

Setelah sudah 18 bulan yang panjang, dokter akhirnya bisa memberikan beberapa jawaban. Setelah mengamati hasil pemindaian sinar-X nya dengan hati hati, dokter memperhatikan bahwa tulang humerus dan ulnarnya menjadi semakin berkurang setelah setiap pemindaian. Tes tambahan menegaskan bahwa tulangnya benar-benar menghilang, anehnya, pembuluh darah tumbuh dan menggantikan jaringan tulangnya.

Waspada, Syndrom ini dapat Membuat Tulang Manusia Menghilang

Penyakit langka ini sangat sulit dideteksi oleh dokter. Pemahaman Dokter saat ini terbatas pada kesimpulan bahwa syndrome ini dapat mempengaruhi tulang pada pasien dari segala usia atau jenis kelamin. Dokter masih tidak tahu apa yang menjadi penyebab dari penyakit ini.

Karena kalau dari beberapa kelangkaannya, tidak ada pengobatan standar untuk penyakit Gorham-Stout. Jika menemukan kondisi seperti ini, dokter dapat memilih untuk mengambil pendekatan bedah baik dengan menghilangkan tulang terkena syndromr ini atau dengan mencangkok tulang baru untuk membantu mendorong tulang daerah tersebut untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Penyakit ini akan menjadi fatal jika menyebar ke tulang belakang.

Kondisi yang aneh seperti penyakit Gorham-Stout menjadi tanda bahwa betapa minimnya pemahamam kita tentang tubuh manusia dan penyakitnya.JUDI DOMINO

Leave a Comment