Tidur Yang Cukup Untuk Meraih Masa Depan Yang Indah

Satukliknews – Selain dari kebutuhan kamu akan makanan dan minuman, tidur juga termasuk dalam kebutuhan utama setiap manusia. Tidur dapat dikatakan sebagai waktu bagi segala organ tubuh manusia untuk beristirahat, contohnya adalah otak dan otot – otot. Berdasarkan National Sleep Foundation (NSF), secara umum, manusia berumur 14 tahun ke atas membutuhkan kurang lebih 7 sampai 8  jam sehari untuk tidur. Namun saat ini, banyak manusia yang mengalami kurang tidur karena terlalu menganggap sepele waktu istirahat mereka.

Kurang tidur sendiri yang memiliki berbagai efek samping, salah satunya adalah berkurangnya kemampuan orang tersebut dalam melakukan aktivitas sehari – hari secara maksimal. Bagi para remaja, efek ini lebih berpengaruh dalam kehidupannya dibandingkan dengan orang dewasa. Jika seorang remaja kekurangan tidur, tingkat emosional dan perolehan nilai akademis rendah semakin meningkat. Probabilitas seseorang yang kurang tidur terkena penyakit lebih rentan dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur cukup. Kekurangan tidur juga akan mempercepat penuaan diri. Tidur bukan dengan waktu yang ideal dapat menaikan berat badan.DOMINO ONLINE

BACA JUGA : jangan sakiti hatimu dengan pola hidup yang tidak sehat

Mereka yang kurang tidur juga kebanyakan adalah orang – orang yang mementingan tugas serta pekerjaannya dibandingkan kesehatan mereka sendiri, Selain mendapatkan tidur di malam hari yang kurang, sebagian dari mereka juga tidak menyempatkan diri untuk beristirahat di siang hari. Alhasil, mereka menjadi lemas dan mudah lelah yang berdampak kepada produktivitas mereka.

Beberapa efek samping dari kurang tidur mungkin tidak terlalu terasa saat masih muda. Sejauh ini berdasarkan survey, efek samping yang dirasakan para remaja secara langsung saat mengalami kurang tidur paling banyak adalah lemas, pusing dan kantung mata yang menghitam. Padahal, kurang tidur sendiri memiliki efek jangka panjang yang cukup serius.JUDI DOMINO

Salah satu dampak jangka panjang yang diakibatkan oleh kurang tidur adalah tekanan darah yang melambung tinggi. Tubuh yang mengalami kurang tidur dapat mengakibatkan hipertensi. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah tidak dapat berkerja dengan baik. Sehingga memicu tekanan darah yang menjadi tinggi. Tekanan darah yang tinggi pun dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit lain seperti Stroke. Jadi ada baiknya untuk menyadari dampak – dampak dari kebiasaan kurang tidur. Tidur yang cukup untuk masa depan yang lebih baik.

Leave a Comment