Tumor Payudara Wanita Muda? Beresiko Kanker kah?

Satukliknews – Saya itu adalah salah satu wanita yang sudah pernah mengalami tumor payudara, saya menyadari adanya benjolan pada payudara setelah saya melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) kemudian saya langsung mengkonsultasikan hal ini dengan dokter. Berdasarkan rekomendasi dari keluarga, saya memilih dr. John Pieter Jr. Sp.B(K)Onk di rumah sakit Stella Maris, Makassar. Selama saya menunggu antri pasien, saya berbincang dengan teman-teman pasien yang lain dan kebetulan adalah pasien wanita dengan penyakit yang sama yaitu dari pasien tumor sampai kanker payudara, beberapa dari mereka adalah pasien kanker payudara dan rata-rata berawal dari tumor payudara.DOMINO ONLINE

Dari perbincangan dengan beberapa pasien lainnya, kita bisa mengetahui bahwa ada beberapa tumor yang beresiko kanker dalam istilah medis tumor terbagi dalam dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kebanyakan wanita diusia muda mengalami tumor jinak yang artinya tumor ini tidak berbahaya, tidak seperti tumor ganas yang artinya sudah ada sel kanker yang berakar pada tumor tersebut.

Tetapi jika sudah tumor jinak tidak diatasi dengan cepat dan tepat maka akan berpeluang untuk menjadi ganas atau beresiko kanker payudara. Saya sudah membuktikan dari pengalaman teman-teman pasien yang terlambat berobat atau terlambat mengkonsultasikan pada dokter dan kebanyakan dari mereka mengalami kanker payudara diusia tua karena mengabaikan tumor jinak diusia muda.

BACA JUGA : Cara ampuh mengatasi kulit wajah yang berminyak

Sehat dan sakit itu adalah takdir yang harus kita hadapi dan terus berusaha untuk dijalani. Miris sekali rasanya melihat para pasien kanker yang mencoba bertahan hidup dengan menggantungkan harapan pada pengobatan yang sering mereka lakukan di rumah sakit. Saya mulai menyadari betapa beruntungnya orang-orang di luar sana yang hidup sehat tanpa bayang-bayang penyakit kanker. Setelah saya mengkonsultasikan dengan dokter dan ternyata benjolan tersebut adalah tumor jinak.

Dokter mendianogsa dengan cara melihat ciri-cirinya seperti benjolan yang disentuh bisa berpindah-pindah atau tidak menetap pada satu tempat, kemudian benjolan tersebut tidak terasa sakit, dan dilihat dari umur pasien yang masih tergolong muda. Kemudian dokter melakukan pemeriksaan USG untuk melihat ukuran dan ciri-ciri benjolan sebelum memutuskan untuk oprasi karena ada baiknya tumor jinak itu dikeluarkan karena takutnya dikemudian hari ada kemungkinan bisa berubah menjadi tumor ganas dan menuju kanker payudara.

Penyebab adanya tumor payudara sangat banyak, bisa dari pola makan yang tidak sehat, pola pikir yang tidak terkontrol atau stres sehingga mengakibatkan menstruasi yang datang sering terlambat, dan hormon yang tidak menentu. Pola hidup sehat adalah hal yang harus kita terapkan ya teman-teman, saya harap setelah kita mendapatkan info dari artikel-artikel dan mengkaji kanker lebih dalam lagi, bisa memotivasi kita untuk menjaga kesehatan dan selalu bersyukur.JUDI DOMINO

Leave a Comment