Waspada! Mulai Sekarang Kenali 9 Gejala Depresi Ini

Satukliknews – Apakah anda sudah pernah murung dan merasa putus asa? Pernahkah anda melihat orang di sekitar anda senang menyendiri dan menangis?  Setiap orang pasti pernah dilanda masalah, namun tingkat kekuatan tiap orang berbeda. Depresi dapat dialami karena 2 faktor. Masalah yang terlampau berat atau seseorang yang terlalu lemah. Depresi adalah gangguan mood berupa rasa sedih, putus asa, tidak semangat dan merasa tidak berguna. Depresi yang berat dapat menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

1. Mood depresi

Mood dari depresi timbul dalam bentuk yang berbeda. Seseorang dapat merasa sedih, hidupnya kosong atau putus asa. Orang lain pun melihat dirinya tampak penuh masalah dan sering murung.DOMINO ONLINE

2. Kehilangan semangat

Orang yang sedang depresi dan cenderung kehilangan semangat hampir setiap hari. Pekerjaan dan hobi yang menjadi kesukaannya pun tampak membosankan. Akhirnya, ia cenderung berdiam diri. Jadi, tidak heran jika orang yang sedang depresi karena masalah sulit dihibur bahkan dengan hal yang paling disukainya sekalipun.

3. Berat badan berubah cepat

Depresi ini sih biasanya dikaitkan dengan nafsu makan yang turun. Namun, ternyata setiap orang memiliki respon yang berbeda saat mengalami depresi. Sebagian orang merasa nafsu makannya turun sehingga berat badannya turun, dan sebagian lagi nafsu makannya justru meningkat sehingga berat badan pun naik. Semuanya terjadi alami tanpa ada rencana tertentu seperti diet atau menaikkan berat badan.

4. Insomnia atau hipersomnia hampir setiap hari

Orang yang sangat depresi biasanya karena sedang mengalami suatu masalah berat yang menjadi beban pikiran sehingga sulit tidur atau mengalami insomnia. Ternyata,  selain insomnia, seseorang juga dapat mengalami hipersomnia. Hipersomnia adalah gangguan berupa tidur yang terlalu sering dan terlalu lama. Bertentangan dengan insomnia yang justru sulit memulai atau mempertahankan tidur yang nyenyak. Tidu yang terganggu dapat menurunkan kualitas kesehatan.

BACA JUGA : Tidak semua pernikahan itu membuahkan kebahagiaan

5. Mudah tersinggung

Mereka yang depresi memiliki perasaan yang lebih sensitif.  Candaan yang biasanya lucu bisa tampak menyebalkan. Omongan yang biasa saja dapat terasa menyinggung dan kadang menganggap bahwa orang lain berusaha menjatuhkannya. Karena itu, orang yang depresi lebih senang menyendiri ketimbang bertemu dengan orang banyak. Tempat hiburan dan keramaian pun berusaha dihindari.

6. Mengalami penurunan kualitas hidup

Penurunan yang seperti ini dapat dirasakan oleh diri sendiri (orang yang depresi) atau justru orang di sekitar. Cara berpikir cenderung lambat, tidak nyambung dan bahkan melamun saat diajak berbicara. Butuh waktu lama untuk memahami hal yang spele dan malas untuk berpikir. Konsentrasi mudah pecah, sehingga pekerjaan atau pelajaran mulai terbengkalai

7. Merasa lelah dan lemah

Rasa yang begitu lelah dan lemah dirasakan hampir sepanjang hari. Tidur yang cukup atau berlebih dan makan yang cukup tidak mengurangi rasa lelah ini. Seseorang yang depresi selalu merasa kurang istirahat dan mengeluh kekurangan energi walaupun saat berbaring tetap tidak bisa tidur.

8. Merasa tidak berguna

Perasaan dan merasa tak berguna muncul akibat tekanan dan sedih yang dirasakan terus-menerus. Minat untuk melakukan aktivitas semakin turun. Hari-hari dihabiskan hanya dengan berdiam diri dan cenderung mengurung diri. Apapun yang dilakukan dirasa tidak berguna dan pesimis dalam segala hal.

9. Keinginan Bunuh Diri

Pernahkah anda itu langsung berpikir untuk bunuh diri? Atau melihat orang terdekat anda berpikir demikian? Orang yang depresi jika tidak segera ditangani dapat berujung pada kematian. Beruntung jika bunuh diri itu masih dalam bentuk keinginan, namun kenyataannya sudah banyak kasus depresi yang pada akhirnya berujung pada upaya bunuh diri.

Bagi kita yang tidak ingin mengalami, perilaku ini terkesan bodoh dan tidak menyelesaikan masalah. Tidak jarang orang berpendapat “Ah ngapain sih dia bunuh diri? Hanya karena putus cinta kok bunuh diri.” Atau “Uang bisa dicari. Banyak pekerjaan yang halal. Kenapa harus bunuh diri karena ekonomi sih? Nggak mikir dosa ya dia!”. Kenyataannya, mereka yang depresi sulit untuk berpikir jernih, apalagi jika tidak ada dukungan dari orang di sekitar. Hal yang kita anggap dosa ini dapat menutup hati dan pikiran mereka.

Gejala-gejala dari semua depresi tersebut timbul bukan hanya sehari, tetapi hampir setiap hari selama minimal 2 minggu. Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami gejala-gejala seperti yang tertera di atas, sebaiknya segera diatasi sebelum berujung pada perilaku bunuh diri. Hal yang paling penting adalah jangan pernah mengejek orang yang sedang mengalami masalah, karena kita tidak tahu seberapa sakit batin dan kondisi psikisnya.JUDI DOMINO

Leave a Comment