oleh

Ikatan Pilot Minta Ada Tindakan Tegas Terkait Tradisi Balon Udara

-News-1.390 views

Satukliknews.com – Ikatan Pilot Indonesia (IPI) menyatakan bahwa perlu untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku kegiatan ilegal yang menerbangkan balon udara tak berawak. IPI juga meminta agar Notam Restricted Area diterbitkan, bahkan Prohibited Area untuk menghindari risiko penerbangan balon udara.

“Menindak tegas pelaku kegiatan ilegal menerbangkan balon udara tanpa awak, sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Ketua IPI, Capt. Iwan ST dalam keterangannya, Jumat 7 Juni 2019.

Dia juga mengingatkan bahwa semua pilot Indonesia dapat melapor ke pihak terkait, jika ditemukan adanya kegiatan balon udara. Kemudian, otoritas terkait seperti regulator dan pemerintah, agar dapat mengatur, dan bekerja sama dengan semua pihak yang bersinggungan.

Selain itu, publik diminta untuk memenuhi semua ketentuan yang berlaku menyesuaikan aturan keselamatan penerbangan. “Seperti yang diatur, agar memenuhi persyaratan keselamatan dengan tidak mengurangi esensi dari kegiatan budaya masyarakat,” kata Iwan.

Dia juga menjelaskan, potensi membahayakan aktivitas penerbangan balon udara tak berawak. Salah satunya adalah potensi bahaya yang bisa tersangkut di sayap, ekor atau kontrol penerbangan. Ini mengakibatkan pesawat menjadi sulit atau tidak terkendali.

“Masuk ke delam mesin pesawat yang berakibat mesin mati terbakar atau meledak,” ujar Iwan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed