oleh

Jelang Sidang Perdana, Hakim MK : Jangan Ragukan Independensi Kami

Satukliknews.com – Hakim Konstitusi, I Gede Dewa Palguna menyatakan kesiapan Mahkamah Konstitusi untuk menggelar sidang pertama tentang sengketa hasil pemilihan presiden 2019. Palguna meminta semua pihak untuk tidak meragukan independensi para hakim.

“Jangan meragukan independensi dan imparsialitas kami,” kata Gede di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis 13 Juni 2019.

Menurut Gede, cara mengecek hal itu mudah. Yaitu masyarakat katanya tinggal benar-benar mengikuti jalannya persidangan yang bisa disaksikan secara langsung dan terbuka. “Ikuti persidangan itu, ikuti putusannya, baca pertimbangan hukumnya, kemudian kaitkan dengan amar putusan itu,” ujar Gede.

Dia menegaskan, independensi dan imparsialitas hakim adalah harga yang tidak bisa dinegosiasikan. Menurutnya, hal itu jangan sampai hilang, terutama di Mahkamah Konstitusi.

“Karena jika hilang dari lembaga pengadilan apapun, apalagi Mahkamah Konstitusi, maka marwah peradilan itu akan hilang. Jadi itu bukan sesuatu yang bisa ditawar-tawar,” katanya.

Namun demikian, Gede menyadari bahwa kinerjanya dan hakim-hakim lain akan menjadi sorotan. Sehingga sulit terhindarkan jika ada pihak yang melakukan analisis lain.

“Kadang-kadang ya kami menyadari lah, lagi-lagi ini menyangkut soal kebangsaan dan sebagainya, itu memang menjadi sorotan. Apalagi ada analisis. Kita kan negara merdeka, negara bebas, orang boleh melakukan analisis itu, sepanjang taat aturan,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed