oleh

Apapun Putusan Gugatan Hasil Pilpres MK, KPU Siap Menerima

Satukliknews.com – Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan akan mengadakan sidang putusan gugatan hasil pemilihan presiden pada hari Jumat, 28 Juni. KPU siap menerima apa pun keputusan Mahkamah Konstitusi, termasuk jika ada permohonan gugatan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang dikabulkan. .

“Jika ada petitum yang dikabulkan oleh MK, KPU akan melaksanakan sesuai dengan putusan MK. Misalnya, pemilihan ulang atau pemilihan sebagian,” kata komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019)

Jika permohonan tim hukum Prabowo-Sandiaga ditolak, KPU akan melanjutkan tahapan pemilu. Tahapan-tahapan ini adalah penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih.

“Dalam hal permohonan pemohon tidak diterima oleh MK, maka KPU akan melanjutkan dengan tahap berikutnya, penetapan pasangan calon terpilih,” kata Viryan.

Selain itu, KPU juga telah menyiapkan tindak lanjut jika MK mengeluarkan keputusan lebih cepat dari jadwal semula. KPU diberikan waktu untuk melaksanakan putusan 3 hari setelah putusan dibacakan oleh Mahkamah Konstitusi.

“Termasuk jika putusannya dipercepat, terkait dengan waktu putusan dari MK. Pada prinsipnya, waktu yang disiapkan menurut UU adalah 3 hari, paling lambat 3 hari setelah Mahkamah memutuskan bahwa KPU harus sudah menindaklanjutinya, “lanjutnya.

Hakim konstitusi saat ini mengadakan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) hingga Kamis (27/6). RPH membahas dan mengambil keputusan berdasarkan fakta yang diungkapkan dalam persidangan, alat bukti dan putusan hakim atas permohonan gugatan Pilpres yang diajukan oleh Prabowo-Sandiaga.

Tim hukum capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam permintaan gugatan hasil Pilpres 2019 meminta Mahkamah Konstitusi untuk mendiskualifikasi capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. Prabowo-Sandiaga dalam petitumnya meminta agar dia dinyatakan sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2019.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed