oleh

Mahfud MD : Pemilu 2019 adalah yang Terbaik dan Terberat

Satukliknews.com – Pakar hukum tata negara Mahfud MD menganggap bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 adalah yang terbaik dan terberat, tetapi bukan yang terburuk.

“Evaluasi saya, pemilu ini adalah yang paling terberat namun paling terbaik. Anggapan ini pemilu terburuk sepanjang sejarah, itu berlebihan dan mengada-ada,” kata Mahfud di Yogyakarta, Sabtu, 29 Juni 2019.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu menilai Pemilu 2019 sebagai pemilu terbaik, karena semua rakyat dapat mengontrol pelaksanaannya di semua tahap. Semua instrumen pemilu yang menjamin implementasi demokratis pun cukup lengkap.

Pemilu 2019 disebut pemilu terberat, katanya, karena KPU mendapatkan serangan kabar bohong dan berita palsu yang memojokkan lembaga itu. Padahal, saat menggelar pemilu, KPU telah melakukan apa yang diatur dalam undang-undang.

Mahfud menambahkan bahwa KPU banyak diserang dengan kabar bohong, termasuk yang terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), juga silabus serta kurikulum pertanyaan yang diajukan pada saat debat calon presiden dan calon wakil presiden. Padahal, keinginan dua pasangan calon telah dipenuhi oleh KPU, meski hujatan dan serangan masih saja ditudingkan kepada lembaga itu.

“Semua tantangan ini menjadikan pelaksanaan pemilu oleh KPU adalah sebagai pemilu terberat dalam sejarah. Sebab, KPU telah memenuhi semua keinginan dan kesepakatan pasangan calon. Namun KPU tetap dihujat dan dianggap telah melakukan kesalahan,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed