oleh

Ini Langkah Kemenhub Terkait Aksi Mogok Supir Bus Damri

-News-178 views

Satukliknews.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serius menangani masalah pemogokan oleh sejumlah pengemudi bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta. Bahkan, jika masalah tidak segera diselesaikan oleh Damri, pemerintah akan mengambil langkah lain.

“Sementara ini masih (mogok), saya akan terus memeriksa, akan kontak terus direktur-direktur yang ada di Damri untuk segera menangani ini. Kalau tidak, kami akan mengambil langkah-langkah lain,” kata Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Ahmad Yani di Yogyakarta, Sabtu, 6 Juli 2019.

Dia menjelaskan, pihaknya membuka kemungkinan peluang bagi perusahaan penyedia bus lain, seperti Perusahaan Umum PPD. Jika PPD telah memasuki bandara, Damri dikatakan akan memiliki pesaing dan situasinya akan berbeda.

“Kan sudah ada Blue Bird juga sudah ada memang harus begitu, enggak boleh cuma satu operator yang melayani satu titik sehingga terjadi monopoli. Kalau mogok gini kita susah semua,” ujarnya.

Masalah komunikasi dengan Kementerian BUMN, kata Yani, untuk saat ini belum dilakukan. Saat ini ia akan langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk mengadakan pertemuan dengan Damri dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Untuk masalah sistem e-ticketing di bandara, kata Yani, butuh waktu untuk perbaikan. Dalam hal ini, Damri bekerja sama dengan PT Telkom untuk membangun sistem.

“Mungkin masih ada celah yang memiliki kekurangan, misalnya perangkat lunak atau hardware-nya jalannya kurang baik, ya jika itu kurang baik harus diganti dengan yang lebih baik. Jika perangkat lunak dapat diretas, mereka harus memperbaikinya,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed