oleh

Datangi Lokasi Gempa Banten, Kepala BNPB Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Baik

Satukliknews.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo mengunjungi daerah Pandeglang, Banten, hari ini, untuk secara langsung memantau situasi setelah gempa tadi malam.

“Seharusnya subuh ini, Sabtu 3 Agustus 2019, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan,” kata Staf Khusus Kepala BNPB, Egy Massadiah , melalui pernyataan tertulis.

Dia menambahkan, “Tetapi dia menunda dan memutuskan untuk berada di Banten sehubungan dengan gempa yang terjadi tadi malam.”

Pengamatan langsung dilakukan untuk memastikan secara langsung dampak gempa bumi magnitudo (M) 6,9 di Banten.

Doni ingin memastikan bahwa semua layanan publik terlayani dengan baik. “Saya ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terkena dampak langsung atau tidak, semuanya berjalan dengan baik,” kata Doni, seperti yang disampaikan oleh Egy Massadiah.

Kemarin malam, tak lama setelah gempa bumi, Presiden Joko Widodo segera memerintahkan BNPB, TNI dan Polri dan Menteri Sosial untuk bertindak cepat. Jokowi meminta semua pihak untuk siaga meskipun peringatan dini tsunami telah diakhiri oleh BMKG.

Episenter gempa bumi yang berkekuatan 6,9 ini terletak di koordinat 7,32 LS dan 104,75 BT, atau lebih tepatnya terletak di laut pada jarak 164 km barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, dengan titik kedalaman 48 km.

Dr. Daryono, seorang Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mengatakan dengan mengamati lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi Banten yang terjadi ini adalah sejenis gempa dangkal akibat deformasi batuan di Lempeng Indo-Australia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed