oleh

Investigasi Jaringan Putus, PLN : Ada Banyak Kemungkinan Yang Terjadi

-News-888 views

Satukliknews.com – PT PLN (Persero) sedang menyelidiki terputusnya jaringan transmisi di Ungaran dan Pemalang. Terputusnya jaringan transmisi berdampak panjang, yaitu membuat listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah padam.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, ada banyak kemungkinan yang menyebabkan putusnya jaringan, mulai dari masalah layang-layang yang nyangkut hingga terkena pohon.

“Jadi ketika kita berbicara tentang sistem tegangan, ini bervariasi. Jadi pada tegangan ekstra tinggi kan melintasi begitu banyak area. Kita sedang dalam proses penyelidikan, kadang-kadang kita suka tahu bahwa ada layang-layang yang dapat menyebabkan jaringan putus. Lalu jaringan terkena cabang pohon, itu juga bisa menyebabkan putus. Ini memang banyak karena jaringan 500 kV terbuka,” ujarnya di Kantor PLN Jakarta, Senin (5/8/2019).

Namun, ia memastikan putusnya jaringan itu bukan masalah sabotase. Dia menekankan, kerusakan jaringan bersifat teknis.

“Tidak, hari ini saya pastikan bahwa bukan masalah sabotase ini murni teknis,” katanya.

Karena listrik padam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Kantor Pusat PLN pagi ini. Ada beberapa hal yang Jokowi sampaikan kepada PLN, salah satunya adalah segera memperkuat jaringan.

“Salah satunya sudah ada dalam RUPTL dan RKAP menambah jaringan 500 kV di utara dan selatan, sehingga ada cadangan, supaya tidak 4 line. line. Dan sangat syarat proses transfer dari timur ke barat, karena pusat beban banyak di barat, listrik murah dari timur. Ini yang tadi Pak Jokowi minta segera laksanakan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed