oleh

KPI Pilih Terstruktur Sistematis Masif untuk Awasi Youtube Sampai Netflix

-News-131 views

Satukliknews.com – Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI sedang bersiap-siap untuk mengawasi atau memonitor konten pada media bersiaran seperti Youtube, Facebook TV sampai dengan Netflix. Pengawasan pada platform tersebut adalah tugas literasi yang mesti dijalankan secara terstruktur, sistematis dan masif.

Agung Suprio Selaku Ketua KPI, menjelaskan bahwa pengawasan yang dilakukan adalah bagian dari literasi digital kepada masyarakat Tanah Air.

“Tugas kita (KPI) itu sebenarnya bukan mengawasi melainkan literasi. Yang kita lakukan literasi itu akan berjalan terstruktur, sistematis dan masif (TSM). Dan literasi tak hanya sporadis, tapi TSM itu,”Jelasnya.

Maka dari itu, untuk menjalankan fungsi tersebut KPI akan menggunakan strategi yang struktural dan masif. KPI juga mengatakan dalam menjalankan fungsi literasi ini, KPI akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Literasi digital itu sebenarnya sudah banyak dilakukan di negara lain, salah satunya yaitu Kanada. Tujuannya agar literasi ini dimasifkan ke kurikulum di SD sampai SMA, agar para siswa atau warga negara punya self cencorship,” jelasnya.

Agung mengatakan, dengan mampunya warga negara menjalankan self censorship, nantinya KPI berharap warga menjadi semakin berdaya dan mandiri, kreatif dalam pembuatan konten di media baru bersiaran.

“Kami ingin para siswa atau warga negara tidak hanya menjadi objek media baru bersiaran, melainkan menjadi subjek yang bisa menciptakan konten dan kreatif menghasilkan konten di media baru,” tuturnya.

Banyak ragam reaksi dari masyarakat maupun warganet menanggapi rencana KPI untuk mengawasi Youtube sampai Netflix. Ada yang setuju dan ada pula yang menentang dengan dalih KPI masih belum beres pekerjaannya dalam pengawasan di media konvensional.

KPI memerlukan landasan hukum untuk bisa mengawasi media baru bersiaran. Saat ini lembaga penyiaran itu sedang mengupayakan revisi UU penyiaran yang sudah ada di parlemen. Selain dari itu, KPI juga sedang mempersiapkan dan menggodok revisi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed